Hingga 42 Situs Cagar Budaya

Disbudpar Pekanbaru Lanjutkan Invetarisasi

Disbudpar Pekanbaru Lanjutkan Invetarisasi

PEKANBARU, RanahRiau.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menyatakan akan melanjutkan inventarisasi 42 situs cagar budaya di wilayah setempat tahun ini.

"Tahun lalu baru 19 yang sanggup kami inventarisasi, sekarang ditambah sesuai kemampuan anggaran yang ada," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pekanbaru Hermanius di Pekanbaru, Selasa, tanpa merinci jumlahnya.

Hermanis menuturkan Pemko akan melakukan inventarisasi cagar budaya secara bertahap tiap tahun, dicicil sesuai kemampuan anggaran.

"Hingga 42 situs cagar budaya tuntas di inventarisasi," tuturnya.

Selanjutnya baru akan dilakukan penetapannya sebagai cagar budaya sesuai aturan dan prosedur operasi standar.

Diperkirakan pada tahun depan inventarisasi 42 situs cagar budaya baru rampung dilakukan.

"Kalau nanti inventarisasi sudah rampung diusulkan kepada wali kota untuk di SK-kan dan disampaikan kepada tim penguji dari pusat, apakah usulan tersebut layak atau tidak untuk dijadikan situs cagar budaya," bebernya.

Meski yang diusulkan 42 belum tentu semuanya akan memenuhi syarat sebagai situs cagar budaya.

Namun demikian menjelang adanya ketetapan pusat mengenai situs cagar budaya di Pekanbaru, perawatan dan pemeliharaan akan terus dilakukan.

"Kami tidak boleh mengubah bentuk, yang dilakukan hanya sebatas pelestarian, pemeliharaan dan perawatan," tambahnya.

Pekanbaru tidak memiliki destinasi wisata alam, hanya potensi situs cagar budaya. Itu akan digali terus guna menambah kekayaan.  

Beberapa situs cagar budaya yang diusulkan Pemerintah Kota adalah Mesjid Raya Pekanbaru berikut makam pendiri Pekanbaru serta kereta api di Jalan Pahlawan Kerja dan rumah melayu di tepian Sungai Siak. (Ant)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :