Covid-19 Mewabah, Sejumlah Tempat Hiburan Malam di Kuansing Tetap Beroperasi.

Covid-19 Mewabah, Sejumlah Tempat Hiburan Malam di Kuansing Tetap Beroperasi.

Istimewa

KUANSING, RANAHRIAU.COM - Ditengah mewabahnya Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Sejumlah tempat hiburan malam alias sarang Penyakit Masyarakat (PEKAT) di Kuansing, masih tetap beroperasi. Seperti di desa Koto Cengar Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau.

Pekat seperti cafe remang remang terlihat masih malakukan aktifitasnya, dimana di desa tersebut memiliki ninik mamak dan pemerintahan Desa. Untuk itu, Peran Ninik Mamak dan Tokoh Masyarakat Cengar tentu  dipertanyakan.

Sebelumnya Pemerintah daerah dan jajaran, maupun Institusi TNI-POLRI telah menghimbau sekaligus melarang masyarakat untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang atau melarang masyarakat berkerumunan, guna memerangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Cafe remang- remang yang semestinya tidak boleh beroperasi di desa, dimana desa merupakan pemukiman masyarakat yang penuh dengan adat istiadat, dan memiliki ninik mamak, tokoh masyarakat, serta pemerintahan Desa. 

"Seharusnya ini harus mampu diselesaikan di tingkat pemerintahan desa. Sekarang kita minta pihak Polres Kuansing untuk menutup semua tempat hiburan malam, karena merusak moral anak bangsa apalagi kuansing ini negeri beradat.  Adat bersendikan syara'
Sara'bersendikan kitabullah", ujar salah seorang praktisi hukum di Kuansing, Zubirman, SH kepada Ranahriau.com Sabtu (18/7/2020) pagi.

Cafe remang remang saat ini yang di sebut sebut berada di desa Koto cengar, telah mengganggu kenyamanan, dan dikabarkan sering terjadinya perkelahian ditempat tersebut. 

"Hendaknya ada upaya ninik mamak dan pemangku kepepntingan di desa agar menindak dan melarang cafe itu beroperasi, apalagi Lubuk jambi Sekarang termasuk zona merah Covid-19", ucap Zubir.

Kepada Pemangku adat dan ninik mamak di kenegerian cengar serta pemerintahan Desa, pemuka masyarakat koto cengar dan Seberang cengar, Zubirman berharap untuk bersatu dalam menindak hal yang akan merusak generasi kedepan.

"Saya berharap Polres Kuansing beserta jajaran agar menutup sejumlah tempat hiburan malam di Kuansing. Tidak hanya di Cengar, termasuk juga yang tidak jauh dari kompleks perkantoran DPRD Kuansing, Karena lebih besar mudarat daripada manfaatnya jika sarang Pekat itu masih dibiarkan beroperasi". Tutup Zubir.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :