Waduh.. Rumah Layak Kok Ada Plang Kategori Miskin?, Dinsos Bengkalis Akan Bertindak

Waduh.. Rumah Layak Kok Ada Plang Kategori Miskin?, Dinsos Bengkalis Akan Bertindak

Melalui Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Pemerintah sudah menggulirkan Program Penangan Kemiskinan, tujuannya untuk mengentaskan kemiskinan dan membantu Ekonomi Masyarakat miskin.

Anehnya, muncul dugaan dari masyarakat program tersebut tidak tepat sasaran.

DURI, RANAHRIAU.COM - Menelisik lebih lanjut adanya dugaan yang disampaikan masyarakat tersebut, Pewarta ranahriau.com melakukan penelusuran.

Al hasil, didapat pada Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis, tampak sebuah Rumah Tangga yang tergolong layak kehidupannya namun rumah tersebut terpasang Plang pengumuman sebagai Rumah Tangga Miskin.

Dari pengamatan ranahriau.com, Rumah itu memiliki dinding keramik dan pintu berlapis besi baja dan ditempel plang dengan nomor urut register, 0516 oleh Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, tahun anggaran 2018.

Dirasa janggal, media mencoba konfirmasi kepada Kepala Seksi, Identifikasi dan Penguatan Kapasitas, Pada Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinsos Bengkalis. Firdaus mengatakan, untuk mendapatkan program itu harus melalui verifikasi.

"Harus verifikasi dilapangan pak, saya akan cek bersama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dulu." Sebutnya, Kamis,(27/2/2020) melalui sambungan selular.

Sementara, secara terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Dra. Hj. Martini, M.H. Tegas mengatakan, rumah layak atau dikategorikan mewah tidak boleh menerima bantuan program penanganan kemiskinan tersebut.

"Ini tidak layak, seharusnya sudah dikeluarkan, Cuma untuk mengeluarkan yang seperti ini, harus didukung dengan surat pernyataan, dari Kades/Lurah, yang menyatakan bahwa, yang bersangkutan sudah mampu, Kalau untuk kriteria masyarakat miskin bisa dilihat di, Permensos no 146/HUK/2013, dan saya sudah teruskan informasi ini, ke Kasi yang menangani pendataan, untuk ditindak lanjuti." Tandasnya.

 

 

Editor : Amir Muthalib
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :