AKBP Sigit Kapolres Bengkalis, Padamkan Api 10 Hektar di Pulau Rupat

AKBP Sigit Kapolres Bengkalis, Padamkan Api 10 Hektar di Pulau Rupat

DURI, RANAHRIAU.COM - Sejumlah personil Polres Bengkalis yang di bantu personil Koramil Rupat, personil Polsek Rupat, tim Manggala AGNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis, yang di pimpin oleh AKBP Sigit Adiwuryanto Kapolres Bengkalis berhasil memadamkan api seluah 10 hektar di Kecamatan Rupat Utara.

Kebakaran Hutan dan Lahan yang memporak-porandakan Desa Titi Akar Rupat, si jago merah telah melalap seluas 10 hektar lahan kosong yang di sertai angin kencang dan membuat situasi suhu panas meninggi dilokasi kebakaran.

Menurut Kasatlantas Polres Bengkalis AKP Khairul Hidayat, berdasarkan informasi dari laporan Anggotanya dilapangan, yang ikut membantu pemadaman dilokasi Karlutha, pada hari Sabtu tanggal 18 Januari 2020, jam 15.00 wib telah dilaksanakan Pemadaman dan Pendinginan Lanjutan oleh Personil Polres dan Polsek di Lokasi Karlahut (Kebakaran Lahan dan Hutan) tepatnya di RW.09 / RT.02 dusun Hutan samak Desa Titiakar Kec Rupat Utara, di pimpin langsung oleh Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto dan di bantu oleh Forkopimcam rupat.

Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto, melalui Kasubbag Humas Polres Bengkalis AKP Buha Purba, pada minggu 19/01/20 menyampaikan, Kebakaran Hutan dan Lahan, di lokasi Desa Titi Akar Kecamatan Rupat Utara yang sudah memasuki hari kelima ini, api sudah berhasil di padamkan meskipun angin kencang cuaca panas, tim masih melakukan pendinginan di lokasi, dengan Kondisi Lahan terbakar, Semak belukar, Perkebunan kelapa sawit, Kondisi tanah kering, Jenis tanah liat, Angin Kencang, Cuaca Panas, Lokasi berbatas dengan HPT Kec Rupat Utara, dengan Titik koordinat Lokasi Karlahut - N 1.98053145409 - E 101.558387756. Kendala di lapangan yang Arah Anginnya berubah-rubah.

Pemadaman dipimpin langsung oleh Kapolres Bengkalis, AKPB Sigit Adiwuryanto, SIK. MH, yang di bantu 20 (Dua puluh) Personil, dari BPBD. 10 Personil, dari MPA. 25 Personil, dari TNI. 10 Personil, Damkar Kec Rupat Utara, 6 Personil, Manggala Agni. 5 Personil, serta Masyarakat setempat sebanyak 30 orang, adapun Peralatan yang digunakan, tiga (3) unit Mesin Max Tree, satu (1) unit mesin mini striker, tiga (3) unit mesin Robin dengan panjang selang 600 meter, dan dengan Kondisi terakhir, Situasi terakhir api Nihil, namun masih terdapat asap kecil sisa-sisa kebakaran, tidak menutup kemungkinan api hidup kembali disertai cuaca panas dan angin kencang, Personil Polsek Rupat Utara dan Bhabinkamtibmas tetap melakukan koordinasi dengan Pihak Desa Titiakar, Pada saat proses pendinginan tidak terdapat korban jiwa.

 

 

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :