Diskan Kuansing Bangun Jalan Produksi dan Kolam Percontohan

Diskan Kuansing Bangun Jalan Produksi dan Kolam Percontohan

TELUK KUANTAN, RANAHRIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) melalui Dinas perikanan (Diskan) dan ketahanan pangan, tahun ini merealisasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan jalan produksi masyarakat.

Kepala dinas perikanan dan ketahanan pangan Fabri Komara. MS. Selasa (05/11/2019) Siang, dikantornya mengatakan bahwa Pembangunan jalan produksi tersebut merupakan sasaran pembangunan untuk memperlancar akses menuju kawasan budidaya ikan, baik itu untuk pasokan pakan, maupun untuk memudahkan hasil panen. 

"Dengan adanya jalan produksi tersebut, masyarakat akan lebih muda mengangkut pasokan pakan ikan, maupun mengangkut hasil panen," ujar Kadis yang kerap disapa pak Komara itu.​​​​

DitambahkanKadis Fabri, Tahun ini ada dua titik yang direalisasikan pembangunan jalan produksi tersebut dengan menggunakan dana DAK. "Satu titik kita bangun di desa kampung baru Sentajo, kecamatan Sentajo raya, dengan panjang 500 meter, lebar 7 meter dan diberi urugan pilihan dengan lebar 5 meter dan ketebalan 0.15 meter, dengan pagu anggaran sebesar Rp. 97.657.363," ujarnya

"Satu titik lagi kita bangun di desa Beringin Taluk, kecamatan Kuantan Tengah, dengan panjang 712 meter, lebar 7 meter dan ketebalan 0,15 meter, dengan pagu anggaran sebesar Rp. 141.454.049," ulas kadis yang didampingi kepala bidang pembudidayaan Eka Satria siang tadi.

Tidak hanya jalan produksi, Dinas perikanan juga telah merealisasikan pencetakan sebanyak 40 unit kolam sebagai kolam percontohan. "Untuk kolam percontohan ikan Nila ini kita memberikan mulai dari bibit, pakan awal, dan pakan pertumbuhan," jelas kacis.

Sementara untuk bibit ikan, katanya dinas perikanan menyalurkan sebanyak 28.000 benih untuk 4 paket, untuk pakan awal, dan pakan pertumbuhan sampai panen sebanyak 2 ton tiap paketnya.

"Masing masing  mandapatkan 7000 ekor bibit per paket nya, dan pakan sebanyak 2 ton". Tutup Fabri Komara menandaskan.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :