Bukti Nyata Masyarakat Kuansing, Menginginkan Pemimpin Yang Mampu Menciptakan Lapangan Kerja

Bukti Nyata Masyarakat Kuansing, Menginginkan Pemimpin Yang Mampu Menciptakan Lapangan Kerja

KUANSING, RANAHRIAU.COM - Kondisi perekonomian masyarakat yang hidup di pedesaan tepatnya di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau, kini masih dalam keterpurukan. pasalnya, sebagian besar masyarakat di Kuansing bermatapencaharian sebagai petani karet dan nelayan.

Dalam situasi seperti ini, masyarakat sangat membutuhkan pemerintah yang mempunyai ide cemerlang khususnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang memadai untuk masyarakat, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang jauh lebih baik.

Namun sayangnya para pejabat kabupaten sangat jarang mau turun ke lapangan sampai ke pelosok-polosok desa, padahal jika ingin melihat kondisi rill masyarakat semestinya merekalah yang menjadi barometer. 

Kesejahteraan tidak bisa hanya diukur dengan tingkat kehidupan masyarakat elit, apalagi mereka yang memilki pekerjaan tetap dan pendapatan di atas UMR. Kelompok tersebut tidak mencerminkan keseluruhan kondisi masyarakat Kuansing.

Di Desa Rantau Sialang, Kecamatan Kuantan Mudik misalnya, Setiap hari masyarakat di desa tersebut terus bekerja dengan keahliannya masing-masing untuk menafkahi keluarga. seperti menangkap ikan di sungai Kuantan, dengan peralatan seadanya, dan sebagiannya lagi bekerja sebagai penyadap karet yang terkadang tidak mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Bambang Irawan (34) warga desa rantau Sialang  yang merupakan salah seorang putra dari mantan Kepala desa rantau Sialang Agus Salim mengakui kondisi ekonomi masyarakat saat ini tengah sulit.

"Ya, beginilah cara kami mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terkadang dapat emas, terkadang zonk saja," ujar Bambang seraya mengeluhkan kehidupannya sebagai seorang pencari barang tambang (emas) dengan alat seadanya, seperti Dulang.

"Kita butuh pemimpin yang mampu menyalurkan ide-ide dan menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Kuansing, kalau bisa seperti bapak H. Halim yang merupakan pengusaha sukses dan dermawan," ulasnya

Ketika ditanya kenapa harus seperti H.Halim, Bambang tidak menampik jika Beliau memimpin Kuansing, maka ekonomi masyarakat akan jauh lebih baik. "Ya, Saya yakin saja, kalau beliau memimpin akan mampu menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat Kuansing, contohnya saja sering saya baca di media massa maupun media sosial tentang terobosan-terobosan beliau untuk ekonomi masyarakat Kuansing. Artinya beliau lebih peduli," ucap Bambang.

Foto : Masyarakat Menggunakan Sampan untuk menangkap ikan di sungai Kuantan

Sama halnya dengan Radi Suanto (31) warga desa Rantau Sialang yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan di sungai Kuantan. Radi sepakat dengan pernyataan Bambang, bahwa masyarakat menginginkan Pemimpin yang peduli dengan ekonomi masyarakat. "Kalau bisa ya perhatikan jugalah kami yang dibawah ini, jangan terfokus kepada pembangunan infrastruktur saja," ujar Radi

"Kalau bisa pemerintah daerah menyalurkan bantuan peralatan untuk menangkap ikan seperti jaring, sampan dan lain sebagainya. Karena kami bekerja sebagai nelayan di sungai Kuantan," pungkas Radi

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :