RI Tak Mau Dibantu Padamkan Karhutla, Mahatir Minta Jurnalis Tanya Jokowi

RI Tak Mau Dibantu Padamkan Karhutla, Mahatir Minta Jurnalis Tanya Jokowi

Mahathir Mohamad (Foto: AFP)

PUTRAJAYA, RANAHRIAU.COM - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menegaskan kembali tawaran bantuan kepada Indonesia untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Namun, menurut Mahathir, tawaran bantuan itu sejauh ini belum diterima. Malaysia memiliki peralatan water bombing untuk memadamkan api di lahan luas.

Saat ditanya wartawan soal alasan Indonesia tak menerima tawaran bantuan itu, Mahathir tak mengetahuinya. Dia juga menegaskan tak pernah mempertanyakan hal itu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya tak tahu mengapa," ujarnya, dikutip dari Bernama, Kamis (19/9/2019).

Dia pun meminta wartawan untuk bertanya langsung ke Jokowi.

"Bertanya (ke Jokowi) mengapa Anda tidak mau menerima bantuan kami? Saya tak pernah melakukan itu. Mengapa tidak Anda saja yang bertanya," ujarnya.

Lebih lanjut Mahathir menegaskan pemerintah sudah melakukan banyak hal untuk menangani kabut asap, dari mulai pemadaman sampai pencegahan dampaknya kepada masyarakat.

"Kita shalat minta hujan. Kita juga mencoba menyemaikan awan (membuat hujan buatan) serta meminta warga mengenakan masker," katanya.

Malaysia, kata dia, kemungkinan akan menggunakan drone untuk membuat hujan buatan. Namun Mahathir belum mengetahui anggaran yang diperlukan.

"Kami punya usul menggunakan drone untuk hujan buatan. Kita bisa pakai beberapa (drone), bukan satu, untuk daerah tertentu, seperti Putrajaya yang sangat terdampak kabut asap," ujarnya

Editor : Eki Maidedi
Sumber : iNews.id
Komentar Via Facebook :