Dihubungi Pak Wan: Dr.Elviriadi minta Syamsuar Pakai Jurus Tai Chi Lekiu

Dihubungi Pak Wan: Dr.Elviriadi minta Syamsuar Pakai Jurus Tai Chi Lekiu

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM- Kabut asap yang menimbulkan kedaruratan di Riau menimbulkan aksi beragam.

Massa aksi demonstrasi tak habis habisnya bergulir. Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) yang diketuai DR.Drh.H.Chaidir MM pun angkat bicara. Para tokoh masyarakat dan DPRD diantaranya politisi senior Wan Abu Bakar mulai bermunculan merespons bahaya asap.

Selain itu, yang kerap muncul pakar lingkungan nasional DR.Elviriadi yang juga tokoh muda Meranti bergerak melakukan loby loby dan roadshow ke pemangku negari. Melalui pesan Whataaps, pria yang akrab di sapa bung Elv ini menyampaikan hasil gerilyanya kepada RanahRiau.com Rabu (18/09/2019).

Kepada wartawan, mantan aktivis UNRI ini mengatakan,  "Ya, siang tadi saya ditelfon Pak Wan Abu Bakar, nanya perkembangan asap. Juga tentang demo demo yang makin marak", ujarnya.

Ketua Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah itu juga menambahkan bahwa diskusi juga membahas posisi gubernur dalam menghadapi kabut asap yang kian tak menentu. "Tadi saya bilang ke Bang Wan, demo demo itu tidak ditujukan untuk menggerus dan bernuansa politis menjatuhkan karir Gubernur Syamsuar, melainkan itu resiko sebagai pemimpin negeri", ungkapnya.

Putra Selatpanjang yang juga dosen UIN Suska itu memgusulkan kepada Pak Wan agar Pak Syamsuar berselancar di arus jeram protes publik. " Saya kira Pak Gub Syamsuar bisa mengalirkan dan memutar energi publik ke Jakarta dengan manuver manuver cerdas. Itu namanya jurus Tai Chi Lekir," ungkapnya filosofis.

Ketika wartawan RanahRiau.com menanyakan lebih jauh bagaimana persis  "Tai Chi Lekir" tersebut, Elv pun bercerita, "dalam 7 Panglima Legenda Melaka, Hang Tuah, Hang Jebat, Hang Lekir, dan lainnya, hanya Hang Lekiu yang kate Aki (Kakek) saye mempunyai ilmu memutar dan mengembalikan pukulan dan jurus lawan. Jadi semacam Tai Chi dalam tradisi kungfu Shaolin. Tapi karena negeri Melayu, saya istilahkan Tai Chi Lekir alias Hang Lekir", kelakarnya.

Kepala Departemen Perubahan Iklim Majelis Nasional KAHMI itu pun meminta Pak Gubernur tidak berdiri menghadang arus seeorang diri. "Ye, beliau bisa kontak kawan2 LAM Riau, para tokoh untuk mengarahkan arus publik yang makin massif secara cerdas demi langit biru," pungkas Pengurus LAM Riau yang selalu gunduli kepala demi hutan Riau.
 

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :