Jejak pengabdian dan inovasi AKBP Andri Ananta

Jejak pengabdian dan inovasi AKBP Andri Ananta

Banyak Inovasi dibidang Lalulintas dari AKBP Andri Ananta Selama Menjabat Kapolres Kampar.
 
KAMPAR, RANAHRIAU.COM- Dalam waktu dekat akan dilaksanakan serah terima Jabatan Kapolres Kampar dari AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MH kepada AKBP Asep Darmawan SH, SIK, selanjutnya AKBP Andri Ananta akan menjabat sebagai Kapolres Kota Dumai, Sabtu (14/09/2019).

Selama satu tahun lima bulan memimpin Polres Kampar cukup banyak inovasi-inovasi serta terobosan yang dibuat oleh AKBP Andri Ananta, terutama dibidang Lalulintas karena beliau cukup lama juga bertugas di Fungsi Lalulintas ini.

Beliau sangat mendukung Program lalulintas terutama dalam hal mengatasi kecelakaan, kemacetan, kerusakan infastrultur jalan, pencegahan pelanggaran lalulintas serta penegakkan peraturan lalulintas.

Salahsatunya adalah pengadaan Bus Sekolah Gratis untuk para pelajar Sekolah Menengah yang ada di Kota Bangkinang, tujuannya agar para pelajar yang belum cukup umur tidak membawa kendaraan ke sekolah sehingga mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Dengan menggandeng Pemda Kampar akhirnya pada bulan Maret 2019 lalu, Kapolres bersama Bupati Kampar telah melounching 4 Bus Sekolah dimana salahsatu Bus yang dioperasionalkan merupakan Bus Polres Kampar dan tiga lainnya dari Dinas Perhubungan Kampar.

Beberapa kali beliau turun dan mengemudikan langsung Bus Sekolah ini, untuk mengetahui kondisi serta respon para pelajar atas pengadaan bus sekolah ini.

Begitu juga dalam bidang edukasi lantas (Dikmas Lantas), beberapa kali beliau turun langsung ke sekolah-sekolah dalam program Police Goes to School untuk memotivasi para pelajar agar disiplin dan tertib berlalulintas.

Selain itu beliau juga aktiv mendukung dan membina komunitas motor, yang salah satunya adalah Sunride Police line 2000 yang dibina langsung oleh beliau dan telah meraih prestasi hingga level nasional.

Berkat dukungannya serta kerja keras Satuan Lalulintas Polres Kampar, juga telah tercipta Kampung Tertib Lalulintas di Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang. Selain itu juga telah dibuat monumen Lakalantas di Rimbo Panjang, Taman Lalulintas, Pocil dan TMC (Traffic Manajemen Centre) serta Peduli Generasi Mellinneal terhadap Korban Lakalantas.

Inovasi dibidang Pelayanan Lalulintas juga telah terwujud dengan adanya Aplikasi SIM OCU (Online, Cepat, mUdah) dimana pemohon SIM dapat mendaftar secara Online dan melakukan pengisian data sehingga tidak perlu mengantri, juga ada program Deliveri Service untuk SIM, STNK dan BPKB yang diantarkan oleh petugas kealamat pemohon bila prosesnya telah selesai.

Selain itu juga telah terwujud Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di Jalan Ahmad Yani Kota Bangkinang serta Bike Line (Lajur Sepeda) pada kawasan tersebut, diharapkan lokasi ini sebagai kawasan percontohan untuk mewujudkan tertib lalulintas di Kabupaten Kampar.

Banyak hal-hal lain yang beliau inisiasi dibidang lalulintas ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu, semuanya itu adalah sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas.

Kasat Lantas Polres Kampar AKP Fauzi SH, MH saat ditemui penulis terkait berbagai inovasi dari Kapolres Kampar dibidang Lalulintas ini menyampaikan, bahwa beliau sangat berterimakasih kepada AKBP Andri Ananta atas semua program yang diinisiasi serta dukungan penuh oleh beliau.

AKP Fauzi juga berharap agar AKBP Andri Ananta nantinya tidak melupakan Polres Kampar serta terus memberikan motivasi bagi kami disini, agar dapat mewujudkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, ungkapnya.

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :