Warga Inhil di Amankan Polisi Akibat Membakar Tumpukan Pelepah Kelapa Kering

Warga Inhil di Amankan Polisi Akibat Membakar Tumpukan Pelepah Kelapa Kering

Polisi saat melakukan intrograsi dilokasi pembakaran lahan

INHIL- Diduga AH (73) Warga Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diamankan polisi akibat membakar tumpukan pelepah kelapa kering yang dia tumpukkan di kebun karunannya milik H.Satar daerah Parit 7 Dusun Pajar Gemilang, Desa Simpang Jaya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Inhil, Riau.

Akibat dari pembakaran tumpukan pelepah kelapa kering di berbagai titik mengakibatkan api menjalar kelahan milik warga, Abdul Kamal, Udin, Taupik, Juslan, Effendi, dan H Satar. Sehingga kerugian berupa tanaman kelapa, pinang, pisang dan lainnya habis terbakar.

"Kejadian (27/7/2019) sekitar pukul 16:00 Wib, sekitar 10 hektar lebih lahan terbakar," kata Kasat Reskrim Polres Inhil, AKP Indra Lamhot Sihombing, S.I.K, Selasa (10/9/2019) melalui keterangan tertulis sambungan seluler.

Dia menjelaskan kebakaran berawal dari lahan milik H.Satar yang di karunkannya kepada AH, berdasarkan dari keterangan saksi. Yang telah melakukan pembakaran di lahan tersebut adalah AH dengan cara menumpukan potongan pelepah kelapa yang sudah kering di beberapa titik dikarenakan pada saat itu cuaca cukup panas dan angin sangat kencang maka api dari hasil pembakaran beberapa tumpuk pelepah kelapa kering tersebut menjalar kelahan warga.

Menindak lanjuti hal tersebut Unit III Sat Reskrim Polres Inhil melakukan interogasi terhadap korban dan saksi yang melihat kejadian tersebut, selanjutnya menggelarkan perkara, Sabtu (7/9/2019) sekira pukul 10:00 Wib di Ruang Kasat Reskrim Polres Inhil dengan barang bukti dua batang kayu yang sudah terbakar.

"Bahwa terhadap perkara dimaksud telah memenuhi unsur pidana yang terkandung didalam pasal 188 KUHP," pungkasnya.

Setelah kejadian, pelaku pembakaran lahan tersebut berada di Jalan Lintas Air Molek Teluk Kuantan, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuansing. Selanjutnya tiga orang anggota unit III Sat Reskrim Polres Inhil dengan mengantongi surat perintah penangkapan nomor SP.Kap/36/IX/2019/Reskrim (8/9/2018). Kemudian unit III Satreskrim Polres Inhil tersebut berhasil melakukan penangkapan terhadap AH tanpa melakukan perlawanan di Kabupaten Kuansing.

Editor : Yanda
Komentar Via Facebook :