Gelar Rapat Pleno terbuka, Ilham Yasir: semua ketetapan sudah kita laksanakan

Gelar Rapat Pleno terbuka, Ilham Yasir: semua ketetapan sudah kita laksanakan

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau gelar Rapat Pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau pemilihan Umum tahun 2019, di Ballroom Aryaduta, pekanbaru (10/8/2019).

Dalam proses penetapan kursi dan caleg terpilih tersebut berdasarkan PKPU No. 14/2019 tentang Jadwal, dalam ketetapan tersebu, tahapan KPU diperintahkan paling lama 5 hari sejak diterimanya salinan putusan MK diterima oleh KPU baik provinsi maupun kabupaten/kota di Riau. 

Ketua KPU Riau, Muhammad Ilham Yasir, saat memberikan kata sambutannya mengatakan pada 6 Agustus 2019 MK sudah menetapkan penolakan PHPU terhadap 2 gugatan. Yaitu dari Nasdem dan PDIP. Sehingga hari ini KPU Riau dan 6 Kabupaten Kota sudah bisa menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Riau pada pemilu 2019. 

"Diharapkan kegiatan penetapan dapat berjalan lancar dan segera melengkapi dokumen dan segera diajukan ke Kementrian dalam negeri untuk di lakukan penetapan anggota DPRD Riau untuk segera dilakukan pelantikan pada 6 September 2019 mendatang", ujarnya.

Ilham juga menyampaikan selama berlangsungnya rangkaian kegiatan pemilu, KPU berhasil menjalin komunikasi yang baik dengan partai politik peserta pemilu. 

"Partai politik sangat baik berkomunikasi dengan kita sehingga meskipun ada dinamika seperti ada pelanggaran administratif dan pelanggaran etik, itu merupakan dinamika yang harus ada dalam proses pemilu. Namun demikian alhamdulillah endingnya kemarin pada tanggal 6 Agustus 2019 Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan dan menetapkan bahwa sengketa PHPU untuk legislatif di Provinsi Riau dinyatakan ditolak," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir dalam rapat pleno terbuka KPU Riau tentang penetapan perolehan kursi dan calon anggota DPRD terpilih ketua KPU Riau dan seluruh komisioner KPU Riau, seluruh perwakilan dari partai, dan Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol, dan perwakilan dari Bawaslu serta undangan lainnya.

Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :