Gubernur Baru, ASITA Berharap Syamsuar fokus ke Sektor Pariwisata

Gubernur Baru, ASITA Berharap Syamsuar fokus ke Sektor Pariwisata

Pekanbaru, RanahRiau.com- ASITA Riau ingin agar Gubernur Riau Terpilih, Bapak Syamsuar fokus untuk memperkuat sektor pariwisata agar betul-betul bisa menjadi sebuah identitas kedaerahan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua ASITA Riau, Dede Firmansyah, kepada wartawan RanahRiau.com, Kamis (21/02/2019).

Menurut Dede, ada banyak daerah percontohan bagaiamana pengembangan dan pengelolaan pariwisata yang baik bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di sekitar objek wisata tersebut. Diantaranya, Desa Ponggok yang di Klaten yang kini terkenal dengan Wisata Airnya. "Terkenal juga Kota Batu dengan tempat Wisata, Batu Secret Zoo merupakan tempat wisata dan Kebun Binatang Modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Batu Secret Zoo yang berada di tanah seluas 14 hektare tersebut merupakan bagian dari Jatim Park 2 selain Hotel Pohon  dan Musim Fatwa Beberapa koleksi hewan dari berbagai habitat yang sebagian besar berasal dari Asia dan Afrika dapat ditemukan di kebun binatang ini, antara lain singa putih, kihang afrika, burung macau, dan bermacam-macam reptil", ujarnya.

Dia menambahkan, sektor swasta akan berani mengucurkan dana besar untuk pengembangan pariwisata jika seiring sejalan dengan dukungan yang diberikan oleh pemerintah. Di Riau misalnya, sudah abanyak objek wisata baru bermunculan namun belum mampu menjadi identitas kedaerahan yang kuat.

Misalnya di Kampar dengan Ulu Kasok, Pulau Cinta, dan Agro Wisata. Siak dengan istana dan sejarahnya, Rohil yang menyimpan surga pemandangan laut di Pulau Jemur, dan kabupaten/kota lainnya, termasuk Pekanbaru dengan Wisata Berkuda dan Memanahnya di Okura.

"Harusnya setiap daerah Kabupaten/Kota di Riau ini punya minimal 1 objek wisata unggulan dan dikelola secara baik. Itu bisa terwujud dengan adanya dukungan pemerintah. Pak Syamsuar bisa memperkuas sektor pariwisata untuk mewujudkan ini semua dengan posisi dia sebagai Gubernur Riau," sambungnya.

"Intinya menurut saya hanya itu, penekanan pada sektor  pariwisata harus dimaksimalkan. semoga dengan jadi Gubernur Riau, Pak Syamsuar bisa lebih aktif untuk menghidupkan wisata minimal 1 daerah punya 1 objek wisata yang jadi ikon," tambah Dede.

Untuk diketahui, Bapak Syamsuar yang dulunya pernah menjabat sebagai Bupati Siak, resmi dilantik sebagai Gubernur Riau bersama Edy Natar Nasution sebagai Wakil Gubernur Riau. Seremoni pengambilan sumpah jabatan ini dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Rabu, 20 Februari 2019.



Reporter :
Hafidz


Editor : Hafiz
Komentar Via Facebook :