Pemekaran Wilayah di Provinsi Riau

Hanya Pembahasan Pemekaran Indragiri Selatan Yang Dilanjutkan

Hanya Pembahasan Pemekaran Indragiri Selatan Yang Dilanjutkan

PEKANBARU, RanahRiau - Wacana pemekaran wilayah di Provinsi Riau memang hingga kini belum ada pembahasan lanjutan. Sebab, saat ini agenda dari kalender kerja Pemerintahan Pusat sedang konsentrasi untuk membahas Pilkada serentak, yang akan mulai dilaksanakan 2015 ini.

Namun, informasi yang diperoleh dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Perwakilan Riau, Intsiawati Ayus, hanya usulan untuk pemekaran Indragiri Selatan (Insel) saja yang sudah masuk dalam tahap pembahasan di Komisi II DPR RI.

"Memang sempat terhenti pembahasan mengenai pemekaran wilayah yang ada di Riau. Sebab konsentrasi sedang menyelesaikan Perppu Pilkada," terangnya kepada RanahRiau.com, Jum'at (30/1/15).

Menurutnya, pembahasan lanjutan di tingkat DPR RI dan DPD RI, mengenai pemekaran wilayah di Riau, akan dilanjutkan kembali usai masa reses, di akhir Maret mendatang.

Sementara untuk usulan pemekaran Rokan Darussalam (Rodas) yang sontar disebut pada 2014 lalu, menurut Senator asal Riau tersebut belum pernah ada pengajuannya hingga ke Pusat.

"Kalau berdasarkan RUU pemekaran dimasa periode Pemerintahan yang lalu ada 65 RUU yang ditunda, untuk Riau hanya ada Insel," tambahnya.

Namun tidak menutup kemungkinan, lanjut dia, dengan rezim Pemerintahan Jokowi-Jk saat ini, bisa saja RUU pemekaran Wilayah pada masa SBY akan diteruskan, atau dirubah maupun berkemungkinan untuk dibuat baru. (Nof)

Editor : Aditiawarman
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :