Menjajal Keunikan Makan Bejamba di Hari Pers Nasional 2018

Menjajal Keunikan Makan Bejamba di Hari Pers Nasional 2018

Padang, RanahRiau.com- Ribuan orang, termasuk di antaranya wartawan dan pejabat pemerintah menjajal prosesi makan bajamba di halaman Museum Adityawarman, Kota Padang, Sumatra Barat pada Kamis (8/2). Para wartawan terlihat bersemangat untuk ikut duduk berjejer dan menyantap kuliner khas Minang yang ditata di atas jamba.

Makan bajamba merupakan satu acara pengantar sebelum puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dilangsungkan di Pantai Cimpago, Padang pada Jumat (9/2) pagi ini. Terdapat 300 jamba, masing-masing jamba untuk enam orang, yang disediakan dalam prosesi makan bajamba kali ini.

Salah seorang pewarta foto asal Jakarta, Iman (24 tahun), mengaku penasaran dengan prosesi makan bajamba. Meski masakan yang disajikan tampak familiar baginya, namun tata cara menyantap makanan yang dilakukan secara bersama-sama ia akui menonjolkan keakraban. Apalagi pesertanya ribuan pewarta dan pelaku media yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini, lanjut Iman, menekankan nilai-nilai silaturahim antarinsan pers dalam ajang HPN 2018.

"Menarik sih, karena ini pertama kali saya ikut makan bajamba," ujar Iman.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit juga menyampaikan bahwa prosesi makan bajamba memiliki makna khusus bagi orang Minang. Menurutnya, makan bajamba menandakan bahwa orang Minang selalu hidup bermusyawarah mufakat dalam pengambilan keputusan.

Nasrul mengatakan, kebersamaan dalam menyantap makanan menjadi simbol bahwa masyarakat Minang menjunjung kebersamaan dalam membangun Nagari dan kaum, tanpa membeda-bedakan satu dan lainnya. "Makan bajamba merupakan makan bersama dalam adat, yang biasa dilakukan dalam perhelatan dan peristiwa penting dalam budaya orang minang, ketika akan mengambil keputusan besar dalam kehidupan bermasyarakat di Sumatra Barat," jelas Nasrul.

Prosesi makan bajamba sengaja ditampilkan dalam rangkaian peringatan HPN 2018, untuk menunjukkan betapa kayanya budaya Minangkabau. Nasrul ingin para insan pers menyaksikan sendiri potensi budaya dan pariwisata yang dimiliki Sumatra Barat.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono juga mengungkapkan apresiasinya atas digelarnya prosesi makan bajamba kali ini. Ia berharap, makin banyak lagi potensi budaya dan pariwisata yang bisa diekspolorasi oleh para pewarta untuk disampaikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara yang mewakili Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar. Pemprov dinilai sudah berupaya optimal mempersiapkan rangkaian acara HPN 2018

"Semoga budaya ini menjadikan Sumatera Barat memang pantas menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia unggulan. Kelestarian keindahan alam dan lingkungan, budaya, dan karakter Sumatra Barat hendaknya menjadi ciri khas yang selalu menarik," jelas Rudiantara.


Sumber Republika.co.id



Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :