Pelabuhan Parit 21 Dinyatakan Layak Sandar Kapal Roro dan Akan Dimodifikasi

Pelabuhan Parit 21 Dinyatakan Layak Sandar Kapal Roro dan Akan Dimodifikasi

TEMBILAHAN, RANAHRIAU.COM - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Indrawansyah Syarkowi, SE, M.Si bersama pimpinan PT Jembatan Nusantara yang diwakili Sunam, turun ke lapangan guna melakukan peninjauan langsung ke Pelabuhan Parit 21 Tembilahan, Kamis (23/05/2024) pagi.

Peninjauan tersebut bertujuan untuk melakukan survey kelayakan terhadap dermaga Pelabuhan Parit 21, yang kemudian dicanangkan untuk dijadikan Pelabuhan Penyeberangan Roro Tembilahan - Batam.

Dalam kesempatan itu turut hadir juga Kepala KSOP Kelas IV Tembilahan yang diwakili Jova dan beberapa staf, Aswad dan kawan-kawan, Sekum HIMPI Inhil Ardiansyah Julor, Kepala UPPD - TSP Abdul Aziz, Pengusaha Pelayaran Aziz Latini, H.Yusran dan beberapa Pengusaha yang tergabung didalam HIPMI Inhil.

Menurut perwakilan PT Jembatan Nusantara, Sunam menyebutkan bahwa Pelabuhan parit 21 sudah layak digunakan untuk bersandarnya Kapal Roro, hanya saja perlu adanya modifikasi penyesuaian situasi dan kondisi air pasang surut.

“Kondisi dermaga Pelabuhan Parit 21 layak untuk digunakan sandar oleh Kapal Roro, layak tapi dengan memodifikasi dermaga untuk naik dan turunnya kendaraan ketika air surut mesti ada ditambah 3 titik tiang dholpin. Pada prinsipnya mereka (Pemkab Inhil) bisa untuk memberikan pelayanan, tinggal mengajukan penambahan Rute Trayek menuju Pelabuhan 21 ke Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Sedangkan Kepala KSOP Kelas IV Tembilahan yang diwakili staf menyampaikan bahwa pihak KSOP Kelas IV Tembilahan siap untuk mendukung pengoperasian Kapal Roro Pelabuhan Parit 21 Tembilahan - Pelabuhan Punggur Batam.

"Kami siap sepenuhnya mendukung pengoperasian kapal roro," cetus Kepala KSOP melalui staff yang hadir.

Kepada awak media, Kadis Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir Indrawansyah Syarkowi, SE, M.Si menyampaikan rasa syukur atas bersedianya pihak PT Jembatan Nusantara yang sudah melakukan survey dan menyatakan layak.

 “Alhamdulillah hari ini kawan-kawan dari PT Jembatan Nusantara Pak Sunam yang didampingi Pak Aswad dan kawan-kawan dari Kuala Tungkal berkenan melalukan survey ke Pelabuhan Parit 21 Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Insya Allah trayek Tembilahan - Batam akan segera dibuka," kata Kadishub Inhil.

Sementara itu, Kadishub juga menerangkan bahwa pihaknya akan segera mempersiapkan semua kebutuhan administrasi dari bapak PJ Bupati Inhil H.Herman yang kemudian akan ditujukan ke Kementerian Perhubungan terkait persetujuan membuka rute trayek dari Punggur ke Tembilahan.

Setelah itu, Kadishub juga menyebutkan akan mendata semua masukan terhadap pembenahan dermaga pelabuhan parit 21, dengan tujuan agar pelabuhan semakin layak untuk sandar kapal Roro.

"Setelah survei kami langsung mengikuti rapat yang dipimpin langsung oleh Bapak Pj Bupati Inhil H.Herman untuk melakukan percepatan terhadap pengoperasian Kapal Roro yang melayani trayek Pelabuhan Parit 21 - Pelabuhan Punggur, Alhamdulillah Pak Pj. Bupati sangat mensupport upaya membuka konektifitas di Kabupaten Indragiri Hilir." ujar Indrawansyah.

Terakhir Kadishub Inhil berharap kesempatan ini bisa didukung masyarakat Indragiri Hilir dalam upaya pemerintah agar ada kemajuan di masa akan datang.

Rapat pembahasan Kapal Roro dilaksanakan dikediaman Bupati Inhil dan langsung dipimpin Pj. Bupati Inhil H. Herman.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :