Disnaker Pekanbaru

Pencari Kerja Capai Enam Ribu Orang

Pencari Kerja Capai Enam Ribu Orang

ilustrasi


Pekanbaru, RanahRiau.com- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru gagal dalam mengantisipasi kenaikan angka pengangguran. Disnaker Pekanbaru mencatat angka pencari kerja (pencaker) sampai 2017 telah mencapai 6 ribu orang. Data ini berdasarkan penerbitan permohonan kartu pencaker.

Kepala Disnaker Pekanbaru Johnny Sarikoen mengatakan tingginya angka pencaker salah satu penyebabnya karena tidak berjalannya program kerja di Disnaker Pekanbaru. Rasionalisasi anggaran menjadi alasan tidak berjalannya program kegiatan. Minimnya anggaran di instansi tu sehingga berdampak terhadap tingginya angka pencari kerja.

“Anggaran untuk kegiatan job expo sudah tidak bisa dilaksanakan dua tahun terakhir. Alhasil berdampak juga dengan angka pencaker,” ungkap Johnny Sarikoen kepada Riau Pos kemarin. Program bursa kerja Disnaker Pekanbaru tidak bisa dilaksanakan pada 2016 dan di 2017 Johnny Sarikoen juga memastikan bursa kerja itu tidak bisa diselenggarakan.

Usulan anggaran kegiatan yang diajukan Disnaker Pekanbaru tidak bisa direalisasikan dengan alasan rasionalisasi. Tidak hanya kegiatan job expo yang dicoret, namun kegiatan bantuan untuk usaha nonformal juga tidak ada lagi. Padahal sebelumnya Disnaker pernah memberikan bantuan terhadap usaha kecil.

Bursa kerja yang merupakan program yang paling diandalkan Disnaker juga tidak bisa berjalan dampak dari rasionalisasi anggaran tersebut. Program job expo mempunyai target menyalurkan pencaker hingga 300 orang. Ia berharap program bursa kerja bisa dilaksanakan oleh perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta.

Johnny menganggap bursa kerja yang sempat dilaksanakan oleh pihak perusahaan sangat berpotensi besar dalam mengurangi angka pencaker. Untuk itu ia mengajak pengusaha dan perusahaan BUMN menggelar kegiatan bursa kerja.

“Perusahaan BUMN kami dorong agar bisa membuat kegiatan bursa kerja. Beberapa tahun silam sudah pernah perusahaan BUMN melaksanakan bursa kerja. Mereka kan ada dana CSRnya,” katanya.

(RiauPos.Com)

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :