Viral Sebutan GAES, Jadi Bahasa Anak Muda Riau

Viral Sebutan GAES, Jadi Bahasa Anak Muda Riau

Pekanbaru, RanahRiau - Kata 'GAES' saat ini tengah populer dikalangan masyarakat Provinsi Riau. Sebagian kalangan menilai kata GAES tersebut seakan menjadi bahasa wajib bagi kaula anak muda sehari-hari dalam berinteraksi sosial.

GAES sendiri adalah Gerakan Arif Eka Saputra yang merupakan gerakan untuk memenangkan Arif Eka Saputra dalam Pemilihan Calon Anggota DPD RI perwakilan Riau pada Pemilu 2024.

Gerakan ini diinisiasi oleh jaringan pelaku UMKM seluruh Riau yang memiliki misi besar menegakkan kemandirian daerah melalui kemandirian ekonomi lokal. Karena UMKM senidiri adalah pilar ekonomi yang menjadi penggerak kehidupan daerah. Maka jika UMKM hebat, tentu kemajuan daerah akan melesat.

Arif Eka Saputra sendiri dikenal sebagai usahawan muda yang telah banyak memberikan kontribusi bagi pengembangan UMKM di Riau. Kiprah nyatanya dalam mensupport kalangan UMKM di berbagai daerah di Riau sudah sangat dikenal masyarakat. 

"Gerakan ini mengutamakan semangat gotong-royong, kepedulian terhadap sesama, serta spirit partisipasi dan kolaborasi untuk mencapai kemandirian. Dengan melibatkan partisipasi aktif pelaku usaha di semua daerah di Riau, gerakan ini diharapkan bisa menggali beragam potensi lokal guna menggerakkan perekonomian daerah. Diharapkan  gerakan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pembangunan dan kemajuan masyarakat di Provinsi Riau menuju era emas Indonesia" kata Arif Eka Saputra. 

Pasca pandemi UMKM di seluruh Riau yang jumlahnya mencapai kurang lebih 631.000 UMKM kini sedang berproses menuju pemulihan. Untuk itu diperlukan beragam ikhtiar afirmatif dari berbagai lini politik kekuasaan. Dalam konteks perwakilan daerah, pemulihan UMKM adalah aspirasi daerah yang nyata. Untuk itulah dibutuhkan seorang figur politik yang bisa menjadi bagian sentral (icon) dalam memperjuangkan pulihnya UMKM di Riau.

"GAES adalah Gerakan Kemandirian Daerah. Gerakan ini merupakan Inisiatif bersama yang bertujuan untuk menjalin sinergi dan kerjasama para pelaku UMKM dalam mewujudkan kemandirian daerah," ungkap Arif Eka Saputra.

Seiring berjalan waktu, pergerakan GAES oleh UMKM tersebut juga ditularkan oleh kalangan anak muda untuk dapat merangkul sesama dalam mengembangkan potensi yang diminati seperti olahraga hingga berorganisasi. 

Kini GAES telah berkembang kepada kaum Milenial dengan nama GMAES (Gerakan Milenial Arif Eka Saputra) dimana GMAES aktif menggerakkan anak milenial se Riau untuk hidup sehat lewat olahraga salah satunya Futsal.

Kemudian ada lagi Koncone GAES, yang merupakan pergerakan puluhan anak muda di 12 Kabupaten/Kota se Riau, menghimpun potensi daerah masing-masing baik dari segi UMKM, Pariwisata serta ekonomi kreatif lainnya.

"GAES dan perkembangannya adalah bagian dari semangat kita bersama untuk bisa memajukan SDM dan dapat mengelola SDA di Riau yang sangat berlimpah untuk kemakmuran masyarakat." Tukas Arif Eka Saputra. (Rls)

Editor : Ahnof
Komentar Via Facebook :