Resmi launching aplikasi Deteksi ibu Hamil, Kamsol sebut pentingnya berantas Stunting pada Anak

Resmi launching aplikasi Deteksi ibu Hamil, Kamsol sebut pentingnya berantas Stunting pada Anak

KAMPAR, RANAHRIAU.COM- Pj Bupati kampar Dr Kamsol   di dampingi kepala dinas Kesehatan Kampar  dokter  Zuhendra membuka secara resmi Launching Deteksi Ibu Hamil  cegah  Stunting (Debum Ceting) di UPT Puskesmas Tapung, Selasa (26/07/2022)

Pj.Bupati Kampar Dr.H. Kamsol.MM, menjelaskan bahwa stunting adalah masalah gizi kronis pada balita, dampak stunting tidak hanya dari segi kesehatan tetapi juga mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Jika saat ini anak Indonesia menderita stunting dapat dipastikan bangsa ini tidak mampu bersaing dengan bangsa lain dalam menghadapi tantangan global.

 Kasus stunting ini menjadi tanggung jawab kita bersama melalui deteksi dini ibu hamil cegah stunting atau yang disebut debum ceting. Untuk menekan angka stunting diperlukan komitmen bersama dalam upaya percepatan penurunan stunting melalui penyelenggaraan intervensi secara terkordinir dan terintegrasi kepada sasaran prioritas.

 PJ bupati  berharap kepada  Kepala Puskesmas dapat membuat Inovasi dipuskesmas masing- masing, seperti Pemberian tablet darah pada remaja putri dan Inovasi Asiek Ceting (Pemberian Asi Eklusif pada bayi 0-6 bulan) agar seluruh ibu hamil dapat memeriksa kehamilannya di fasilitas kesehatan secara teratur guna mendeteksi resiko kehamilan secara dini sehingga angka stunting dapat diturunkan,

PJ bupati juga  melibatkan  camat dan kepala desa  agar mendukung kegiatan intervensi percepatan penurunan stunting. berdasarkan data status gizi indonesia tahun 2021 angka prevelensi stunting di Provinsi Riau adalah 22,3% artinya ini masih butuh kerja keras untuk mencapi penurunan angka stunting.

Dengan berbagai program atau kegiatan ini diharapkan tercapai angka penurunan stunting di kabupaten Kampar dengan Sesuai target Nasional 14% di tahun 2024." Jelas nya

Nampak hadir  Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Poppy Rahmadini SKM,M.Si,Kepala Puskesmas Tapung Tasliati,SKM, M.Kes, Camat,Kepala Desa dan Kepala Puskesmas Setapung Raya saat acara lounching deteksi  ibu hamil .

Sementara di tempat yang sama kepala dinas  kesehatan Kampar  Dokter Zulhendra   berharap kepada semua kepala puskesmas di Kampar selalu memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu hamil  dan berinovasi untuk kesehatan masyarakat. ''Harapan saya kepada kepala puskesmas sering sering memberikan penyuluhan  kepada ibu hamil dan masyarakat agar menjaga kesehatan''

Tambah nya lagi bahwa Debum ceting ini merupakan salah satu program inovasi dari dinas kesehatan dalam  rangka intervensi kasus stunting di kab kampar. Sebagaimana diketahui bahwa baru baru  ini kabupaten  kampar mendapat penghargaan no 2 di prov Riau dalam  melakukan intervensi konvergensi kasus stunting yang acaranya di diselenggarakan di Makasar " tutup nya.

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :