National Paralympic Committee

Keoptimisan Indonesia untuk Juara Umum dalam Asean Para Games

Keoptimisan Indonesia untuk Juara Umum dalam Asean Para Games

Ketua NPC saat mengikuti FGD Forum Merdeka Barat, Foto: Ist

JAKARTA, RANAHRIAU.COM- Ketua National Paralympic Committee (NPC) atau Komite Nasional Paralimpiade Indonesia (KNPI), Senny Marbun optimis Indonesia akan meraih juara umum dalam pergelaran Asean Para Games. Perhelatan tersebut akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli sampai 6 Agustus 2022 mendatang. 

Marbun mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan panjang semenjak Indonesia dipercayakan menjadi tuan rumah pergelaran ajang bergengsi di tingkat Asean ini. 

Lantas, ia meminta dukungan seluruh masyarakat Indonesia untuk bekerja sama menyukseskan Asean Para Games. 

“Kalau kita udah berani target juara umum, tentunya kita udah siap banget. Saya yakin kita pasti bisalah memenuhi target masyarakat untuk juara umum. Tapi tentu juga kita mohon doanya agar bisa sukses," kata Marbun dalam diskusi daring dilaksanakan oleh Forum Merdeka Barat (FMB9) di Jakarta, Rabu (20/07/2022).

Marbun menambahkan, sejauh ini Pemerintah telah memberi dukungan penuh terhadap pelaksaan Asean Para Games. 

Setidaknya, setelah ia membawa aspirasi agar Indonesia kembali menjadi tuan rumah pergelaran Asean Para Games ini ke Presiden.  

“Untungnya Bapak Presiden kita peduli dengan masyarakat difabel ya. Bapak Presiden itu peduli dengan kaum marginal. Dan akhirnya Pak Jokowi jawab, oh iya coba kita beri kesempatan untuk dilakukan di Solo," kata Marbun. 
 
Adapun Solo dipilih sebagai tuan rumah, kata Marbun, karena Solo dikenal sebagai Kota ramah difabel. 

Selain itu, Solo pernah menjadi tuan rumah Asean para Games tahun 2018 dengan hasil yang sangat memuaskan.  
  
“Solo Surakarta itu seperti Ibu Kota difabel, ya. Semuanya sudah tersedia di sana. Maksudnya, fasilitas dan lain-lain itu. Masyarakat Surakarta pun melihat difabel itu biasa sekali," katanya.  

Marbun mengatakan, pihaknya semakin optimis karena berkaca dari pergelaran Asean Para Games di Malaysia. 

Saat itu, Indonesia mendominasi perolehan medali ketimbang Thailand yang merupakan saingan berat Indonesia.  

“Karena kemarin, kita lihat lagi ke belakang, di Malaysia terakhir kali, kita juga mendapat medali lebih banyak dari Thailand. Karena, saingan kita yang paling berat adalah Thailand. Kita luar bisa. Kita meraih 126, Thailand cuma 89 kalau nggak salah, itu kan luar biasa. Oleh karena itu, kita berani buat statement kita pasti juara umum," tutupnya. 

Untuk diketahui, Asean Para Games adalah pesta multi cabang olahraga untuk atlet difabel atau atlet berkebutuhan cabang khusus terbesar di Asia Tenggara.  

Asean Para Games di Solo menjadi langkah besar multi cabang olah raga setelah sempat sebelumnya vakum pada edisi Manila dan Vietnam.

Editor : Abdul
Sumber : FMB9
Komentar Via Facebook :