Tarung Derajat Kabupaten Bengkalis Melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat KURATA

Tarung Derajat Kabupaten Bengkalis Melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat KURATA

Peserta Tarung Derajat Kabupaten Bengkalis Usai Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat KURATA

BENGKALIS, RANAHRIAU.COM - Dalam setiap seni beladiri, setiap anggotanya memiliki tingkatan yang berbeda-beda, tingkatan tersebut adalah untuk membedakan tingkatan kemampuan bela diri yang di miliki anggotanya berdasarkan ilmu beladiri yang dikuasainya. 

Cabang Olahraga (Cabor) Tarung Derajat (Kodrat) Kabupaten Bengkalis melakukan ujian kenaikan tingkat KURATA I, II, III, IV dan V. Dan juga memiliki tingkatan -tingkatan yang disebut KURATA, yang merupakan kepanjangan dari "Kuat Berani dan  Tangkas".

Yang pada tahun 2022 ini, kenaikan tingkat sebanyak 50 orang, dan diikuti dari satuan Latihan (Satlat) se-Kabupaten Bengkalis.  

Ketua Tarung Derajat, sekaligus Ketua Dewan Pelatih Kabupaten Bengkalis  H.Muhammad Reza Afriansyah menyebutkan, pada Minggu (27/3/2022) seluruh peserta berhasil menyelesaikan dan menjalankan ujian kenaikan tingkat dengan baik. 

Foto: Ketua Tarung Derajat "Kodrat" dan Ketua Dewan Pelatih Kabupaten Bengkalis H.Muhammad Reza Afriansyah

Tarung Derajat menggunakan kekuatan gerak otak, otot dan nurani. Sehingga semuanya mampu cepat akurat dan bergerak secara rasional dan realistis

"Dari monitoring dan evaluasi, ujar Aan Boxer sebagai pelatih, seluruh peserta berhasil naik tingkat dengan memuaskan," ungkap Aan Boxer yang pernah peraih emas PON XVI Palembang (Sumsel) tahun 2004 dan XVIII di Riau tahun 2012 saat diwawancara RANAHRIAU.COM, Minggu malam.

Ujian kenaikan tingkat ini, kata Aan Boxer, kenaikan tingkat KURATA dilaksanakan 3 sampai 4 bulan sekali di Kabupaten Bengkalis. 

Dan cabor beladiri asli Indonesia (Tarung Derajat) ini dari hari ke hari dan dari waktu ke waktu cukup signifikan. 

"Olahraga Tarung Derajat merupakan salah satu seni bela diri praktis. Olahraga ini memiliki 5 unsur daya gerak yaitu, kekuatan, kecepatan, ketepatan, keberanian dan keuletan," tutur Aan Boxer, sapaan akrabnya. 

Tak hanya itu, dalam kesempatan ini juga Aan Boxer menjelaskan ciri-ciri dari olahraga ini adalah pergerakan anggota tubuh yang rasional sebagai manifestasi reaksi cepat dari pembelaan diri. Tidak hanya memiliki nilai seni, namun Tarung Derajat juga memiliki banyak pesan moral, salah satunya back to akhlak. 

Filosofi Tarung Derajat "AKU RAMAH BUKAN BERARTI TAKUT, AKU TUNDUK BUKAN BERARTI TAKLUK".

"Aan Boxer menegaskan, saat ini kami lagi mencari bibit-bibit atlet yang tangguh, yang nantinya akan mengharumkan nama baik Provinsi Riau khususnya Kabupaten Bengkalis dalam berbagai even baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional," pungkasnya. 


 

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :