Pekerja Sawmil di Sijunjung, Akui Ada Dinas Terkait di Kuansing yang Ikut Bermain

Pekerja Sawmil di Sijunjung, Akui Ada Dinas Terkait di Kuansing yang Ikut Bermain

Material Sawmil di Sijunjung Diduga Dari Hasil Penjarahan Hutan Lindung Kuansing

TELUK KUANTAN, RANAHRIAU.COM - Oknum Kapolsek di Kabupaten Sijunjung, terkesan membiarkan puluhan Sawmil di wilayah hukumnya beroperasi.

Material yang diolah sawmil menjadi pecahan kayu di Sijunjung tersebut, diduga diperoleh dari hasil perambahan Hutan Lindung Bukit betabuh, kabupaten Kuantan Singingi, Riau. 

Informasi yang diperoleh Tim Forum Pers Independen Indonesia (FPII) dari berbagai sumber, Hutan lindung bukit betabuh tersebut telah dirambah oleh warga provinsi tetangga (Sumbar).

Di lapangan, Tim FPII menemukan sedikitnya ada tujuh Sawmil yang beroperasi di sana, tampak sejumlah tumpukan kayu ilegal logging dari hutan lindung Bukit betabuh untuk segera diolah. Senin ( 29/11/2021).

Beberapa pekerja Sawmil membenarkan ada oknum Kapolsek yang kongkalikong dengan Pemilik Sawmil, termasuk oknum pegawai di Dinas terkait di Kuansing.

" Iya Kapolsek tahu kok! disini ada Sawmil dan sewaktu-waktu orang dinas terkait dari Kuansing pun pernah datang ke Sawmil ini", ujar pekerja, kepada wartawan.

Mengenai Hutan lindung yang dirambah, Kepala UPTD LHK Kuansing,  Abriman, ketika dikonfirmasi wartawan mengarahkan kepada bawahanya Umra Dani.

" Memang saya sering ke lokasi dan ke sawmil tersebut, ada juga bersama rombongan," kata Buyung singkat.

Editor : Eki Maidedi
Sumber : Tim FPII
Komentar Via Facebook :