Bekerjasama dengan GERHANA, SARMMI akan gelar webinar Internasional Manajemen operasi SAR

Bekerjasama dengan GERHANA, SARMMI akan gelar webinar Internasional Manajemen operasi SAR

RANAHRIAU.COM- SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia) dan organisasi pecinta alam Gerhana dari Timor Leste atau Associação Gerhana Explora no Prezerva Natureza, akan menyelenggarakan Webinar Internasional seri kedua. Pelaksanaannya pada hari minggu 17 Oktober 2021.

Peserta Webinar Internasional berasal dari beberapa organisasi pecinta alam di Indonesia dan semua organisasi pecinta alam di negara Timor Leste. Baik organisasi pecinta alam dari dalam kampus maupun dari luar kampus. Webinar Internasional akan disampaikan dalam bahasa Indonesia, dan bahasa Portugis yang merupakan bahasa nasional di negara Timor Leste.

Menurut Sekretaris Umum SARMMI, Rinanto, thema yang diusung pada Webinar Internasional seri kedua, berkisar pada cara mengelola posko kemanusiaan di lokasi bencana, serta manajemen operasi SAR. Narasumbernya adalah dua figur berpengalaman dari SARMMI yakni Slamet Widodo dan Ahyar Stone. 

“Dua orang narasumber adalah ketua umum dan sekretaris umum SARMMI periode pertama. Mereka telah berkali-kali terjun ke lokasi bencana di daerah terisolir dan terpencil yang menjadi ciri khas operasi SARMMI di kebencanaan,” terang Rinanto usai memimpin rapat pengurus SARMMI di Jakarta. (12/9/2021)

Ditambahkan oleh Rinanto, Webinar Internasional seri kedua rencananya dibuka secara resmi oleh ketua PP Muhammadiyah, Dahlan Rais. “Sambutan pak Dahlan Rais juga akan langsung diterjemahkan ke bahasa Portugis,” katanya.

Sementara itu Antoninho dos Santos Oliveira, ketua umum Associação Gerhana-Explora no Prezerva Natureza mengatakan, pelaksanaan Webinar Internasional merupakan realisasi pendampingan jangka panjang SARMMI pada organisasi pecinta alam yang dipimpinnya.

“Webinar Internasional adalah realisasi kedua SARMMI mendampingi Associação Gerhana untuk mengembangkan kegiatan pecinta alam dan membantu Associação Gerhana mempelopori berdirinya organisasi SAR di Timor Leste,” kata Antoninho.

Meski demikian lanjut Antoninho, peserta Webinar Internasional dari Timor Leste tak cuma anggota Associação Gerhana. Tetapi semua pecinta alam di Timor Leste. 

“Dibuka untuk umum agar materi Webinar menyebar luas di Timor Leste dan manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak pihak,” tutup Antoninho. (*)

(Ahyar Stone Mapala UMY/SARMMI & Rani Puspina Mapala UMRI/SARMMI)

Editor : Abdul
Sumber : rilis
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :