Atlet Aeromodelling Bengkalis Lolos PON, Meski Tiga Tahun Nihil Anggaran

Atlet Aeromodelling Bengkalis Lolos PON, Meski Tiga Tahun Nihil Anggaran

foto : Anisa Putri Atlet Aeromodelling (tengah), Sekretaris Pengcab FASI Aeromodelling Kabupaten Bengkalis Agus Efendi (kiri) dan Mas Hana Pelatih dari TNI-AU (kanan)

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM - Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX PAPUA 2021 tinggal menghitung hari. Masing-masing Provinsi atau atlet peserta PON sudah pasti mematok target medali emas. Disamping itu, ada Kepala Pemerintah Daerah (Pemda) yang terang-terangan menggaungkan bonus bagi peraih medali. 

Gubernur Papua misalnya, mengumumkan kepada atlet Papua yang berlaga di PON Papua, bahwa 1 medali emas diganjar bonus Rp 1 miliar. Riau pun demikian, kendati tidak 'segila' Papua dalam menggelontorkan bonus untuk atlet peraih medali. Kendati Provinsi Riau tergolong Provinsi yang kaya, tapi untuk urusan bonus juga tak ketinggalan. Posisinya masih tergolong "Sesuai dan terjangkau" alias di kelas menengah.

Salah seorang atlet yang bertekad meraih medali pada PON XX Papua adalah Anisa Putri. Anisa merupakan atlet berprestasi dari cabang olahraga (Cabor) Federasi Aero Sport Indonesia (FASI)  Aeromodelling Seluruh Indonesia, Kabupaten Bengkalis. Anisa akan turun di katagori Discus Launch Glider (DLG).

Dilansir dari ridarnews.com, pada 23 September 2021, Sekretaris Pengcab Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Aeromodelling Kabupaten Bengkalis Agus Efendi, kepada wartawan mengatakan, kendati Cabor Aeromodelling punya atlet berprestasi. Namun sepertinya luput dari pantauan KONI Kabupaten Bengkalis dalam hal anggaran pembinaan. Bahkan, ungkap Agus, selama tiga tahun terakhir Cabor Aeromodelling tidak mendapat anggaran pembinaan dari KONI Kabupaten Bengkalis.

"Kami ini (Aeromodelling) merupakan anggota resmi dan sah KONI Kabupaten Bengkalis, tapi sejak 2019 sampai sekarang kami tidak dapat perhatian (anggaran pembinaan) dari KONI Bengkalis seperti cabor-cabor lainnya," tegas Agus.

Kendati tidak mendapat anggaran dari KONI Bengkalis seperti cabor-cabor lain yang mendapat ratusan juta, bukan berarti pengurus Aeromodelling Kabupaten Bengkalis berpangku tangan. Pengurus tetap berupaya memajukan olahraga dirgantara tersebut. 

foto : Saat Latihan Platda di Lapangan Pasir Putih Pekanbaru Bersama Mas Hana Pelatih dari TNI-AU

Ini dibuktikan dengan tampilnya Anisa Putri, atlet asal Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, memperkuat kontingen Riau pada PON XX Papua yang akan digelar awal Oktober 2021 mendatang. 

Anisa bersama Pordirga Aeromodelling Provinsi Riau memperkuat kontingen Riau pada Kejuaraan Nasional April 2019 di Yogyakarta dan pra-PON di Bandung pada November tahun yang sama. Meraih medali dan sekaligus tiket PON XX Papua 2021.

"Tetap semangat anak kita Anisa Putri, dan masih mampu menyumbangkan mendali sebagai tiket untuk melangkah ke pentas PON," jelasnya.

Dalam kondisi terseok-seok, Agus mewakili pengurus tak lupa mengucapkan terima kasih pada Pemda Kabupaten Bengkalis khususnya Bupati Bengkalis Kasmarni atas momen serimonial pelepasan atlet dan pelatih asal Kabupaten Bengkalis di salah satu hotel berbintang di Kabupaten Kampar, pada Minggu 19 September 2021 lalu.

"Setidaknya, dukungan spirit moral, begitu juga dengan uang saku yang di dapat atlet sebesar lima juta rupiah dari Pemda Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

Mencermati situasi yang dialami Cabor Aeromodelling, ia berharap pengurus KONI yang akan datang bisa mengakomodir kepentingan Cabor dan atlet berprestasi Kabupaten Bengkalis.

Pada kesempatan itu, Agus menegaskan, secara internal, Pordirga Aeromedelling baik Provinsi Riau maupun Kabupaten Bengkalis masih dalam satu semangat bagaimana atlet-atlet Riau khususnya atlet dari Kabupaten Bengkalis bisa mengukir prestasi terbaik, sekaligus mengharumkan nama daerah. 

"Bahkan, Agus meneruskan, tanpa dana pembinaan dari KONI Bengkalis, Anisa Putri tetap menunjukkan prestasi dan lolos ke PON XX Papua 2021. Kami tetap semangat memajukan atlet, cuma saja memang kita terseot-seot," tandasnya.

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :