Berjaya di udara Pemersatu bangsa

Ucapan khusus dari Walikota Dumai untuk HUT RRI ke 76

Ucapan khusus dari Walikota Dumai untuk HUT RRI ke 76

DUMAI, RANAHRIAU. COM- Walikota Dumai H. Paisal memberikan ucapan khusus ulang tahun Hari Radio Nasional RRI yang ke 76, Sabtu (11/9/2021). 

"Berjaya di udara pemersatu bangsa," tulis ucapan papan bunga dari Walikota Dumai yang dikirim ke kantor RRI Pekanbaru, jalan Sudirman. 

Seperti diketahui, tema peringatan RRI ke -76 yakni "Tangguh! Tumbuh, Sehat dan Kuat Suarakan Indonesia", menjadi pesan moral dan penyemangat untuk para angkasawan dan angkasawati RRI.

Sejarah radio di Indonesia dimulai dengan berdirinya Bataviaasche Radio Vereeniging (BRV) atau Batavia Radio Society pada 16 Juni 1925. BRV diperdengarkan di Hindia Belanda, tepatnya Batavia, dan menjadi cikal bakal kecanggihan teknologi komunikasi jarak jauh yang membuat terpukau masyarakat saat itu.

Kemunculan stasiun radio di Hindia Belanda hanya enam tahun setelah siaran musik pertama di dunia mengudara.

11 September 1945, dihentikannya siaran radio Hoso Kyoku pada 19 Agustus 1945 menjadi pemicu lahirnya Radio Republik Indonesia (RRI).

Saat itu, rakyat Indonesia baru saja merdeka dari penjajahan, dan belum terkonsolidasi dengan baik. Kemerdekaan yang baru saja diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 juga masih rentan. Hal itu karena kabar dari radio-radio luar negeri yang menyebutkan bahwa Belanda akan kembali menduduki Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, tokoh-tokoh yang pernah aktif di radio pada masa penjajahan Jepang menyadari bahwa radio merupakan alat yang diperlukan oleh pemerintah Republik Indonesia untuk berkomunikasi dengan rakyat.

Wakil-wakil dari delapan bekas radio Hosu Kyoku kemudian mengadakan pertemuan bersama pemerintah di Jakarta pada 11 September 1945. 

Editor : Abdul
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :