Sempena Hari Jadi Bengkalis ke-509, Mari Wujudkan Inspirasi dan Motivasi Mengenang Sejarah

Sempena Hari Jadi Bengkalis ke-509, Mari Wujudkan Inspirasi dan Motivasi Mengenang Sejarah

Sidang Paripurna Sempena Hari Jadi Bengkalis ke-509 di Lantai II Kantor DPRD Bengkalis

BENGKALIS, RANAHRIAU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar Rapat Paripurna Sempena Hari Jadi ke-509 Bengkalis tahun 2021, dilaksanakan di Lantai II Kantor DPRD Bengkalis, Jalan Antara Bengkalis, Jumat (30/7/2021).

Sidang tersebut digelar guna mengenang dan apresiasi terhadap sejarah perjuangan daerah Bengkalis, yang dilaksanakan setiap tanggal 30 Juli sejak disahkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bengkalis Nomor 20 tahun 2004 tentang penetapan hari Jadi Bengkalis.

Hari jadi Kabupaten Bengkalis yang ke-509 turut di hadiri, Ketua DPRD Bengkalis H.Khairul Umam Wakil Ketua DPRD, Bupati Bengkalis Kasmarni, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Gubenur Riau yang diwakili Asisten III Sekda Provinsi Riau H Syahrial Abdi. 

Hadir juga, mantan Bupati Bengkalis H. Syamsurizal, LAMR Bengkalis, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Lizardo Gumay, dan sejumlah perwakilan dari Bupati/Wali Kota se-Provinsi Riau, Forkopimda serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan para undangan.

Rapat paripurna istimewa itu dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Khairul Umam dan disaksikan 27 anggota DPRD Bengkalis secara langsung maupun secara virtual (Vidcon).

Mengawali kata sambutan, Ketua DPRD Bengkalis menyampaikan, pada kesempatan yang baik ini perkenankan kami menyampaikan ucapan terima kasih apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para tokoh-tokoh Bengkalis yang telah banyak berjasa baik moril dan materiil serta telah melaksanakan pengorbanan besarnya selama ini dalam merumuskan hari jadi Bengkalis.

"Mudah-mudahan momentum sidang paripurna istimewa ini merupakan wujud sinergitas dan kolaborasi kita untuk bersama-sama menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di kabupaten Bengkalis yang kita cintai ini," kata Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam.

Rapat paripurna istimewa ini digelar sebagai bukti menghargai, keseriusan serta mengenang jasa para pejuang terdahulu demi menjaga Bengkalis.

"Kita sangat menghargai para pejuang kita yang sudah bersusah payah mempertahankan Bengkalis ini, untuk itu pada momentum ini sebagai intropeksi diri kita bagaimana supaya kita mampu menjaga Bengkalis serta membawa Kabupaten Bengkalis lebih baik," tutupnya.

Sementara, Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan, sebagaimana kita maklumi terhadap sejarah perjuangan Bengkalis yang kita laksanakan setiap tanggal 30 Juli sejak disahkannya peraturan daerah kabupaten Bengkalis nomor 20 tahun 2004 tentang penetapan hari jadi Bengkalis.

"Dan layaknya momentum peringatan hari jadi sudah selayaknya kesempatan ini kita gunakan untuk melihat kebelakang, bahwa lebih dari sekedar saksi sejarah kota Bengkalis merupakan bagian integral perjuangan putra-putri terbaik di tanah ini berjuang bertabung nyawa melawan keangkuhan Portugis pada tahun 1512," kata Bupati Bengkalis Kasmarni.

Bupati Bengkalis Kasmarni menceritakan, sejarah juga memperlihatkan bahwa Bengkalis memainkan peran yang cukup penting dalam Kancah perang perebutan pengaruh perdagangan di kawasan Selat Malaka berada di posisi yang sangat strategis. Bengkalis menjadi Pulau rebutan dari berbagai kekuatan besar Bengkalis adalah persinggahan bagi pedagang dan saudagar dari pedalaman Sumatera setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis pada 24 Agustus 1511.

Kemudian disahkan dengan peraturan daerah kabupaten Bengkalis nomor 20 tahun 2004 tentang hari jadi Bengkalis peristiwa heroik yang menjadi catatan sejarah. Inilah yang menjadi bukti bahwa eksistensi pendahulu pendahulu kita berani melawan penjajah masyarakat Bengkalis. 

"Waktu itu memiliki semangat juang yang luar biasa dan gagah berani semangat perjuangan tersebut tidak pernah pudar, bahkan kita akan terus membangun dan pekerja keras mewujudkan negeri ini dengan fokus menjadikan Pulau Bengkalis," ujar Kasmarni.

Sebagai claster pemerintahan pusat pendidikan terpadu dan pusat pengembangan budaya Melayu sebagai masyarakat Bengkalis.

Mari kita jadikan hari kelahiran Bengkalis sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah akan masa depan yang lebih bermarwah maju dan sejahtera, rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Bengkalis hendaknya terpatri dalam dada tercermin dalam sikap.

"Dan terwujud dalam setiap diri pribadi masyarakat Bengkalis rasa cinta dan bangga ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas kerja cerdas dan kerja tuntas sesuai dengan potensi dan profesi yang kita miliki masing-masing," pungkasnya.

Pantau media ini, pada pandemi Covid-19 dan sebagai upaya pencegahan penyebaran, acara puncak peringatan Hari Jadi Bengkalis ke-509 melalui Sidang Paripurna di kurangi dan membatasi para tamu undangan, serta mengutamakan protokol kesehatan.

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :