Tanpa Papan Nama, Diduga Proyek Siluman dan Abaikan UU KIP

Tanpa Papan Nama, Diduga Proyek Siluman dan Abaikan UU KIP

Bangunan Wisma Disamping Megat Kudu Bengkalis

BENGKALIS, RANAHRIAU.COM - Pekerjaan proyek pada bangunan Wisma milik Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang tanpa adanya penghuni kini menjadi sorotan masyarakat. Bangunan itu tepatnya disamping gedung Megat Kudu, di Jalan Jendral Sudirman Kabupaten Bengkalis, Kamis (22/4/2021). 

Pasalnya, bangunan mewah itu, saat ini dalam pengerjaan perbaikan (renovasi) yang sudah dua pekan berjalan dengan menggunakan anggaran yang tidak jelas asal usulnya. Disisi lain, pekerjaan tersebut tidak adanya papan nama proyek atau plank pekerjaan informasi.

Salah seorang pengawas pekerjaan proyek di Wisma itu, Gepeng mengatakan, coba tanyakan ke dinas PUPR Bengkalis, mungkin proyek ini dari dinas itu.

"Lagian kami disini hanya pengawas pekerjaan dan hanya masukkan barang saja," kata Gepeng dengan berdalih kepada wartawan saat dilokasi.

Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran.

Menurut Warga Bengkalis, Ahmad, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai Negara wajib memasang papan nama proyek. Dimana, memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

"Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi. Sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan," ujar Ahmad yang mengetahui tentang proyek itu.

Setelah di telusuri media ini, ternyata pekerjaan proyek itu bukan dari dinas PUPR Bengkalis.
Sementara itu, hingga berita ini diturunkan belum juga ada papan nama proyek pada pekerjaan tersebut.

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :