Ekonomi Nelayan Turun Drastis

Ormas BIDIK Riau Dan Senator DPD/MPR RI Akan Menyikapi Tumpahan CPO di Dumai

Ormas BIDIK Riau Dan Senator DPD/MPR RI Akan Menyikapi Tumpahan CPO di Dumai

DUMAI, RANAHRIAU.COM - Tumpahan Crude Palm Oil (CPO) di area PT. Sari Dumai meninggalkan kesan yang sangat merugikan kepada warga kota Dumai. Khususnya, kepada para nelayan yang mengantungkan pencarian sehari-harinya dilaut, Selasa (2/3/202I).

Organisasi Masyarakat (Ormas BIDIK) DPC kota Dumai melihat situasi serta kondisi yang terjadi terhadap masyarakat kecil diduga telah terabaikan hak mereka. 

Diketahui, para nelayan di Dumai meminta bantuan kepada Ormas BIDIK DPC kota Dumai, agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan ini. Sehingga keluhan mereka ada respon dari perusahaan itu.

Dari kejadian itu, Ormas BIDIK DPC Kota Dumai Mansur yang didampingi sekjennya Zuria pada awalnya telah menyarankan kepada pihak perusahaan agar segera memperhatikan dampak ekonomi terhadap masyarakat yang terkena himbasnya.

"Tumpahan CPO itupun memberikan efek negatif yang luar biasa kepada nelayan dan para penjual ikan," kata Mansur Kepada wartawan, saat di lokasi tumpahan CPO di Dumai.

Katanya lagi, pada awal februari bulan lalu, salah satu nelayan kita temui berinisial N, menyampaikan memang turun drastis penghasilan nelayan, bahkan mengalami kerugian.

"Dari pihak perusahaan pun banyak berdalih seakan-akan pihak manajemen perusahaan diduga mengabaikan kejadian itu, sehingga dari instansi DLH pun hanya diam tanpa ada penghujung penyelesaian," ujarnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Ormas BIDIK DPD Provinsi Riau Sudirman Chan menuturkan, inikan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Apa akan terjadi jika laut di Kota Dumai ini di kotori limbah dan penuh tumpahan dari minyak CPO.

"Inikan bukan hanya penjual ikan dan nelayan yang terkena himbasnya, tapi terdampak juga pada kehidupan hewan yang hidup di laut," tegas Ketua BIDIK Provinsi Riau Sudirman Chan didampingi Sekjen Afriyedi Dalimunthe dan rekan Ormas BIDIK lainnya.

Ormas BIDIK menyikapi dan mengecam keras terhadap oknum instansi terkait. Dengan bergerak cepat dan akurat, step by step pimpinan DPD membawakan persoalan ini kepada senator DPD/MPR RI utusan Riau.

Alhmadulilah, Dari kerja keras Ormas tersebut, persoalan tumpahan CPO yang berdampak terhadap ekonomi kepada masyarakat dan  nelayan segera diatasi.

Pada pembersihan lingkungan, dan pemulihan lingkungan yang menjadi, akan di agenda pertemuan penyerahan berkas dari Ormas BIDIK Tipikor kepada senator BPK Edwin Pratama putra SH. Dan akan menyelesaikan persoalan ini secepat mungkin.
 

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :