Tarikat Syattariyah Kuansing Dukung Penuh H, Halim Menjadi Bupati Kuansing

Tarikat Syattariyah Kuansing Dukung Penuh H, Halim Menjadi Bupati Kuansing

TELUKKUANTAN, RANAHRIAU.COM - Wakil bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau, H Halim menerima kunjungan pengurus kelompok pengajian Tharikat sattariyah di kediaman H. Halim, di kelurahan sungai jering, kecamatan kuantan tengah. Kamis (13/8/2020) malam.

Pengurus kelompok pengajian tarikat Sattariyah tersebut hadir dalam rangka bersilaturahmi dengan ketua DPC PDI-P Kuansing H. Halim, yang akan turut bertarung dalam Pemilihan Kepala daerah yang akan di helat pada tanggal 9 Desember mendatang.

Kehadiran para pengurus kelompok pengajian tarikat Sattariyah itu mendapatkan kata sepakat untuk mendukung penuh majunya H Halim sebagai Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) untuk periode 2021-2026.

Mereka memastikan anggota Tarikat yang berjumlah diatas 5.000 orang yang tersebar di kecamatan dan desa di Kuansing akan berjibaku memenangkan pasangan Halim-Komperesni (HK) pada Pilkada mendatang.

Hal tersebut disampaikan para tuan guru Tarikat Sattariyah, Tuan Guru Tengku Marajo, Ketua Pembina Tarikan Syattariyah Kabupaten Kuansing yang didampingi para pengurus dan tuan guru lainnya.

Ia menyebutkan tarikat Sattariyah mendukung pencalonan H, Halim dengan banyak pertimbangan harapan. Pertimbangan yang utama adalah Tarikat Syattariyah meyakini jika H. Halim menjadi Bupati Kuansing akan memberikan perhatikan penuh terhadap perkembangan kelompok-kelompok pengajian termasuk Tarikat Syattariyah.

DijelaskanTuan Guru Tengku Marajo, Dengan jumlah ribuan anggotanya, pihaknya akan mengintruksikan agar mereka berkomitmen dalam pemenangan HK pada pilkada mendatang.

"Insyaallah kami sebagai tuan guru di tarikat Syattariyah, jamaah akan mengikuti anjuran dari para tuan guru yang ada," ungkap Tengku Marajo yang didampingi Tuan Guru H. Tengku Mudo Yasmili, Ongku Mudo Josam dan perwakilan Mondek dari Tarikat Syattariyah Kuansing.

Sementaraitu, H Halim yang menerima rombongan tersebut mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang sudah diberikan kepada pasangan HK.

Ia berjanji jika terpilih menjadi bupati akan lebih memperhatikan kelompok pengajian-pengajian yang ada di Kuansing, dan akan berjuang semaksimal mungkin untuk mewujudkan akhlak generasi muda yang berlandaskan Agama.

"Saya sangat prihatin dan miris melihat perkembangan generasi mudah saat ini, terlebih banyaknya yang terlibat kasus narkoba hingga desa-desa," Ungkapnya. Lebih lanjut Halim mengatakan akan berkomitman pada perbaikan akhlak generaasi muda dan syiar agama yang lebih baik ke depannya.

Untuk itu dia berharap agar pengurus dan anggota dari Tarikat Syattariyah satukan tekat dan mendoakan saya bersama Ibu Komperensi dalam Perjuangan ini.

"Saya maju dan masuk partai bukan karena haus kekuasaan, melainkan sebagai sarana membantu masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang," tambah H Halim.

Seperti diketahui, tarikat Syattariyah merupakan salah satu jenis tarekat terpenting dalam proses islamisasi di dunia Melayu Indonesia. Sejauh ini dikatahui bahwa penyebarannya berpusat dari tokoh ulama Abdur Rauf Al Ainkli yang berada di Aceh Melalui sejumlah murid.

Untuk diketahui, Ajaran Tarekat Syattariyah tersebar ke berbagai wilayah di dunia Melayu IndoEsia. Diantara Diantara murid-murid al-Sinkli adalah Syeikh Burhanudin dari Ulakan, Pariaman, Sumatera Barat dan Syeikh Abdul Muhyi dari Pamijahan, Tasikmalaya, Jawa Barat. Keduanya berhasil mengembangkan Tarekat Syattariyah di wilayahnya masing-masing.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :