Kondisi Parit Tanah Gambut Desa Penampi Butuh Perhatian dari Pemkab Bengkalis

Kondisi Parit Tanah Gambut Desa Penampi Butuh Perhatian dari Pemkab Bengkalis

Kondisi Parit Tanah Gambut RT 02, RW 02, Dusun Makmur, Jalan Suka Maju, Desa Penampi, Sungguh Memperihatinkan

BENGKALIS, RANAHRIAU.COM - Hujan deras yang beberapa hari yang lalu telah membuat kerusakan, atau telah terjadi runtuh (ambruk) pada saluran parit tanah gambut sehingga setiap harinya kondisi parit tersebut semakin parah, yang berlokasi di RT 02, RW 02, Dusun Makmur, Jalan Suka Maju, Desa Penampi, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

"Kepala Desa (Kades) Penampi Ahmad Sanusi mengatakan, runtuhnya parit tersebut dikarenakan dari derasnya hujan, sehingga kita takut makin hari makin melebar. Tidak hanya itu, kerusakan dinding parit juga berimbas buruk terhadap jalan umum yang sering dilewati masyarakat setempat," kata Kades Penampi Ahmad Tarmizi, Jumat (12/6/2020).

Lanjutnya, Sanusi menambahkan, saya bimbang jalan ini akan retak dengan runtuhnya dinding saluran parit gambut tersebut, dengan kebimbangan ini takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada anak-anak kita yang melewati jalan itu. 

"Jika menggunakan anggaran desa, untuk dijadikan Drainase tidaklah cukup. Apalagi melihat kondisi saluran paritnya begitu panjang dan lebar," sebut Kades.

Disela itu juga, Eri dan beberapa warga desa Penampi juga melihat kondisi saluran parit tanah gambut yang sangat memperihatinkan. Saya sangat senang sekali kalau Pemerintah Kabupaten Bengkalis atau pun dari dinas terkait dapat memprioritaskan saluran parit ini dijadikan menjadi Drainase Parit Beton. 

"Karena saluran parit tanah gambut ini sangat penting terutama memasuki musim penghujan. Tidak hanya ini, masih banyak lagi saluran-saluran parit yang tergenang air di Desa Penampi, apabila musim penghujan tiba," kata warga setempat mengakhiri.


 

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :