Pemdes Senggoro Gelar Musdes Rapat Laporan LPJ BUMDesa Dara Sembilan

Pemdes Senggoro Gelar Musdes Rapat Laporan LPJ BUMDesa Dara Sembilan

Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, menggelar rapat Musyawarah desa (Musdes) dengan memaparkan Laporan Penanggungjawaban (LPJ) BUMDesa Dara Sembilan tahun 2019.

BENGKALIS, RANAHRIAU.COM - Musdes tersebut di laksanakan bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Rabu, (18/3/20), pukul 14.00 WIB

Dalam pelaksanaan Musdes tersebut turut di hadiri, Kades Senggoro Basrah Hamid, Sekretaris desa (Sekdes), Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ibnu Salim dan jajaran, Ketua LKMD dan anggota, Kepala Dusun, Pendamping Desa Redha, Plt Direktur BUMDesa Suhaidi, Badan Pengawas BUMDesa, tokoh masyarakat, dan seluruh Rt, Rw se-Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis.

.

Dengan mengawali kata sambutan, Kepala Desa Senggoro Basrah Hamid mengucapkan "terima kasih kepada yang hadir di acara Musdes ini," ucap Kades Senggoro Basrah Hamid.

Selain itu juga, Kades Senggoro meminta "kepada Rt dan Rw agar mendatakan jumlah rumah sewa atau Kos-kosan yang ada di seluruh tiga dusun yaitu Desa Senggoro agar segera dilaporkan dari hasil jumlah tersebut kekantor Kepala Desa," katanya.

Lebih lanjut Kades menjelaskan, Pengelolaan BUMDesa ini juga harus di iringi dengan administrasi yang jelas sesuai dengan peraturan yang ada.

"BUMDesa Dara Sembilan adalah merupakan lembaga yang di kelola oleh masyarakat bersama Pemerintah desa sebagi sumber pendapatan desa dalam rangka memajukan perekonomian desa," jelas Kades.

Disela itu juga, Ketua Badan Permusyarawatan Desa (BPD) Desa Senggoro Ibnu Salim dengan didampingi Indra Wakil Ketua BPD Desa Senggoro menuturkan, dengan membacakan peraturan pemerintahan terkait memajukan pendapatan asli desa. 

"Sekaligus dengan memajukan pengolahan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa, dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di desa," Demikian yang disampaikan Ketua BPD Desa Senggoro.

Sementara itu, Plt Direktur Bumdesa Dara Sembilan Suhaidi dalam penyampaian pertanggungjawabannya mengatakan, selama hampir tiga tahun perjalanan BUMDesa Dara Sembilan Desa Senggoro ini. 

"Banyak sekali hambatan yang di hadapi, hambatan yang di hadapi menurut Suhaidi adalah kurangnya pendapatan yang di dapat dari pengelolaan Bumdes itu sendiri terutama di pengelolaan usaha yang dijalankan," paparnya.

Selanjutnya, Plt Direktur BUMDesa Dara Sembilan Desa Senggoro Suhaidi menyampaikan dan membacakan pertanggungjawaban yang sudah di susun bendahara. 

Kemudian musyawarah dilanjutkan dengan sesi tanya jawab berkaitan dengan perjalanan BUMDesa Dara Sembilan.

Laporan pertanggungjawaban yang di sampaikan oleh pengurus BUMDesa pada kesempatan tersebut antara lain mencakup, laporan kinerja pengelola selama satu periode dan tahunan. 

Kinerja usaha yang menyangkut realisasi kegiatan usaha, upaya pengembangan, dan indikator keberhasilan.

Laporan Keuangan termasuk rencana pembagian laba usaha, rencana-rencana pengembangan usaha yang belum terealisasi. Proses pertanggungjawaban dilakukan sebagai upaya evaluasi tahunan.

Serta adanya upaya-upaya pengembangan kedepan, mekanisme dan tata tertib pertanggungjawaban," pungkasnya.

Diakhir acara Syahrizal selaku Sekretaris BPD Desa Senggoro mengapresiasikan dan mengajak semua unsur yang terkait saling bersinergi untuk membangun desa, dan usulan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam tanya jawab di Musdes tersebut.

Setelah Musdes itu usai, seluruh Perangkat desa yang hadir mengadakan foto bersama dan bersalam-salaman.

Editor : Eriz
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :