HUT MPP Kota Pekanbaru, MenPan RB : Pelayanan Publik Jadi Prioritas

HUT MPP Kota Pekanbaru, MenPan RB : Pelayanan Publik Jadi Prioritas

Beres izinnya, cerdas pelayanannya ,salam cerdas melyani Pekanbaru

Itu lah slogan di Hari Ulang Tahun (HUT) Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru ke-1, yang di resmikan langsung  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo  di halaman  layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) MPP Kota Pekanbaru, Rabu (11 /3/20).

PEKANBARU, RANAHRIAU.COM - Menteri Tjahjo mengatakan di usia pertama MPP, ia berharap MPP tidak semata hanya untuk penyederhanaan birokrasi saja, tetapi juga percepatan untuk mengambil sebuah keputusan.

"Kita harus memberi keleluasaan dan sesuatu yang cepat apabila masyarakat membutuhkan layanan publik, 

Dikatakan Tjahjo, dengan diresmikan Dukcapil di MPP Kota Pekanbaru nanti pelayanan terhadap masyarakat lebih ditingkatkan lagi agar tercapai pelayanan publik yang ramah, cepat dan melayani.

Hal senada juga dikatakan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan bahwa MPP yang merupakan pengembangan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi sehingga tersedia pelayanan publik yang lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan.

"Keberadaan MPP Kota Pekanbaru telah diintegrasikan dengan berbagai pelayanan lainnya termasuk dengan adanya layanan Kependukukan dan Pencatatan Sipil sehingga seluruh urusan pelayanan dilakukan dengan satu pintu," lanjut Wagubri.

Dengan adanya layanan baru ini (Dukcapil) di MPP, Wagubri mengajak agar nantinya bisa memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen yang dibutuhkan.

Lain halnya  Wali Kota Pekanbaru, Firdaus ST MT dengan senang hati   mengungkapkan saat ini jenis layanan yang ada di MPP Kota Pekanbaru berjumlah sebanyak 32 layanan.

"Hari ini bertambah lagi satu pelayanan yang terdapat di MPP, yakni Dukcapil," ujarnya.

Dikatakan Firdaus, MPP Kota Pekanbaru telah menjadi sebuah percontohan sebagai MPP terlengkap dan terbaik se-Indonesia.

"Kami akan terus melakukan inovas dan peningkatan dalam layanan terhadap masyarakat yang nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Pekanbaru," tuturnya 

Turut hadir dalam peresmian HUT MPP yang 1  itu, Dirjen Dukcapil Kemndagri RI, Zudan, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi serta Forkopimda dan wakil walikota Ayat Cahyadi, beserta jajaran pemrov Riau dan  dilingkungan Kota Pekanbaru .

Berita sebelumnya di lansir dari Pekanbaru.co.id  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru menggelar lomba masak, Jumat (6/3/2020). Lomba masak ini adalah momen gathering dalam rangkaian HUT pertama Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru dan peresmian layanan Dukcapil Kota Pekanbaru.

Peserta dalam lomba masak adalah perwakilan instansi atau lembaga yang membuka gerai layanan di MPP Pekanbaru. Mereka begitu semangat mengolah mie sagu goreng kering.

Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menyebut bahwa sengaja menggelar lomba memasak. Ia menilai filosofi memasak adalah melayani.

Saat memasak semua bumbu dimasukkan dan diaduk. Lalu masakan yang matang disajikan kepada pelanggan.

"Pelayanan sama seperti mengolah masakan, semua bumbu dicampur untuk sajian terbaik," ujar Jamil dalam sambutannya.

Jamil menyebut, kehadiran MPP sejak Maret 2019 silam adalah tekad bersama untuk meningkatkan pelayanan publik yang ada. Apalagi MPP Pekanbaru menjadi rujukan bagi daerah lainnya di nusantara.

Hal ini dibuktikan dengan capaian penghargaan pelayanan prima pada tahun 2019 lalu. Ia menyebut bahwa capaian ini adalah kerjasama semua pihak dalam mewujudkan pelayanan terbaik.

Momen HUT 1 MPP Pekanbaru makin istimewa dengan peresmian layanan kependudukan dan catatan sipil. Ada rencana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo bakal hadir pada 11 Maret 2020 nanti.

Saat ini ada 32 instansi sudah bergabung dengan MPP Pekanbaru. Ada 200 jenis pelayanan perizinan dan non perizinan di MPP Pekanbaru.

 

 

Editor : Abidah
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :