Hakim Muslim wanita pertama AS ditemukan meninggal di sungai

Hakim Muslim wanita pertama AS ditemukan meninggal di sungai

WASHINGTON-RANAHRIAU.COM- Seorang kulit hitam yang merupakan wanita Muslim pertama yang menjadi hakim di Amerika Serikat (AS) ditemukan meninggal di Sungai Hudson, New York, Rabu (05/02/2020).

Hakim asosiasi berusia 65 tahun dari mahkamah agung New York itu bernama Sheila Abdus-Salaam. Juru bicara kepolisian mengatakan, ia ditemukan mengambang di sisi barat Manhattan sekitar pukul 01.45 dini hari waktu setempat. Polisi kemudian menarik tubuh Abdus-Salaam yang berpakaian lengkap dari air dan dia dinyatakan meninggal di tempat kejadian. Menurut polisi, keluarganya mengidentifikasinya dan hasil autopsi akan menentukan penyebab kematiannya. Abdus-Salaam berasal dari Washington DC. Ia menjadi wanita Afrika-Amerika pertama yang diangkat ke Pengadilan Banding ketika Gubernur dari Partai Demokrat, Andrew Cuomo, memanggilnya ke pengadilan tinggi negara pada 2013. "Hakim Sheila Abdus-Salaam adalah ahli hukum pelopor yang hidup dalam pelayanan publik dalam mengejar New York yang lebih jujur dan adil untuk semua," kata Cuolo dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir di The Breaking Times, Senin (10/2). Sumber ensiklopedia pada The Princeton Encyclopedia of American Political History mengatakan Abdus-Salaam adalah Muslim wanita pertama yang menjabat sebagai hakim AS.

Mengutip sumber tak dikenal, New York Post melaporkan Abdus-Salaam telah dilaporkan hilang dari rumahnya di New York pada Rabu lalu. Upaya untuk menjangkau keluarganya tidak berhasil. Menurut situs Court of Appeals, lulusan dari Barnard College dan Columbia Law School ini memulai karier hukumnya dengan East Brooklyn Legal Services dan bertugas sebagai asisten jaksa agung negara bagian New York. Dia memegang serangkaian jabatan yudisial setelah terpilih menjadi hakim di Kota New York pada 1991.

 

Editor : Abdul
Sumber : republika.co.id
Komentar Via Facebook :