Beginilah Tradisi Maulid Warga Karang Ayer Duri

Beginilah Tradisi Maulid Warga Karang Ayer Duri

DURI, RANAHRIAU.COM - Hari ini, Jumat. 8 November 2019 bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1441 Hijriah, seluruh umat islam memperingati hari Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. kegiatan ini sesuai dengan ajaran islam atau penanggalan arab.

Masyarakat Warga Karang Ayer 1 Duri, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Riau, bagi mereka sudah menjadi tradisinya bahwa setiap tahunnya diadakan kegiatan religi dalam memperingati Maulid Nabi ini di laksanakan dikediaman (Alm) mbah Waliyo, karena di anggap orang tua atau sesepuh pemukiman warganya.

Menurut anak keturunannya (Alm) mbah Waliyo, Sukiman dan Sungkono menyampaikan, beginilah tradisi kami Warga Karang Ayer Duri ini, berkumpul bersama-sama mengadakan kegiatan Maulid dan berdoa di kediaman (Alm) mbah Waliyo, dulu nya hanya orang saja, sewaktu baru-baru di buka pemukiman ini oleh Almarhum,"jelasnya lagi.

Kegiatan religi memperingati hari Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini yang dipimpin mbah Kiyai Jatno, hadir juga Ketua RT/02 RW/03 Kelurahan Air Jamban, Siswanto, Ketua Umum LSM. DPP-LPPAN-RI. A. Muthalib, sejumlah tokoh Masyarakat dan sesepuh, juga hadir sejumlah generasi muda jalan Karang Ayer yang selalu aktif setiap kegiatan kemasyarakatan di lingkungannya.

Seusai kegiatan tersebut, Ketua Umum, Dewan Pimpinan Pusat, Lembaga Penyelamatan dan Pemanfaatan Aset Negara Republik Indonesia. LSM. DPP-LPPAN-RI. A. Muthalib mengatakan, kegiatan religi ini selalu di peringati oleh seluruh umat islam di seluruh Dunia, begitu juga hal nya dengan Warga Karang Ayer ini, berhubung sudah menjadi tradisi Warga disini untuk memperingati 12 Rabiul Awal dan berdoa di kediamannya (Alm) mbah Waliyo, ya tetap di laksanakannya, namun walaupun besok malam nya baru di hadirkan ustadz sebagai penceramahnya, memang sebagian Masyarakat terkadang mengenalnya dengan Maulid Nabi atau Maulud saja, sebenarnya tujuan atau artinya sama, yaitu adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, bagi Rakyat Masyarakat di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad itu dalam bahasa Arab berarti hari lahir," terangnya secara singkat.

 

 

 

Editor : RRMedia
Komentar Via Facebook :

BERITA TERKAIT :