Mahasiswa UMRI, Sulap Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Piring

Mahasiswa UMRI, Sulap Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci Piring

PELALAWAN, RANAHRIAU.COM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang sedang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ke 3 Yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Makmur, Pangkalan Kerinci, kabupaten Pelalawan, melakukan Sosialisasi pembuatan Sabun Cuci Piring Rumahan menggunakan minyak jelantah, bersama ibu-ibu PKK jalur 7. Minggu, (28/07/2019)

Minyak Jelantah adalah minyak limbah yang bisa berasal dari jenis-jenis minyak goreng seperti halnya minyak jagung, minyak sayur, minyak samin dan sebagainya, minyak ini merupakan minyak bekas pemakaian kebutuhan rumah tangga umumnya, dapat digunakan kembali untuk keperluaran kuliner. akan tetapi bila ditinjau dari komposisi kimianya, minyak jelantah mengandung senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik, yang terjadi selama proses penggorengan

KKN Umri desa Makmur kelompok 15 memanfaatkan limbah rumah tangga, sehingga menghasilkan barang yang berguna bagi ibu-ibu sebagai sabun cuci piring. 

Yona selaku mahasiswi jurusan fisika, mengatakan Sosialisasi ini di sambut baik oleh ibu-ibu PKK. “Harapan kita tentunya bisa mengurangi limbah rumah tangga seperti minyak goreng bekas” ujar Yona

Dikatakan Yona, ibu-ibu Rt 02 Rw 03 Desa Makmur juga merasa sangat senang dengan adanya sosialisasi ini karna mereka sangat merasa terbantu dalam hal penghematan belanja rumah tangga sebab, mereka sudah bisa buat sendiri.

Kemudian Yona juga mengungkapkan, bahwa dengan adanya sosialiasi pembuatan sabun cuci piring rumahan ini, dapat membakar semangat ibu-ibu PKK tersebut, sehingga berencana untuk mengembangkan serta memproduksi dengan jumlah banyak dan memasarkannya.

Sementara itu, Kordes KKN Umri kelompok 15 Rafli, mengujar bahwa, Setelah berhasil mebuat sabun cuci piring rumahan, Mahasiswa Umri juga melakukan sosialisasi cara pemasaran melalui media sosial. Karena dinilai cara yang paling efektif untuk memasarkan barang saat ini adalah melalui media sosial.

“Semoga program kerja kami ini berguna dan bermanfaat bagi masyarakat desa Makmur khususnya jalur 7 ini” tutup Rafli.

Editor : Eki Maidedi
Komentar Via Facebook :